Breaking News:

Berita Kriminalitas

Tak Jera Lahan Perkebunan Sawit PT THEP Kembali Dirambah Penambang, Dua Orang Diamankan

Prediksi jajaran Polsek Bakam bahwa para penambang pasir timah jenis sebu yang merambah lahan sawit PT THEP di Desa Bukit Layang

Penulis: deddy_marjaya | Editor: nurhayati
Dok/Polsek Bakam
Polsek Bakam bersama pihak perusahaan mengamankan 2 penambang dan alat tambang yang merambah lahan sawit PT THEP di Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka Selasa (13/9/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Prediksi jajaran Polsek Bakam bahwa para penambang pasir timah jenis sebu yang merambah lahan sawit PT THEP di Desa Bukit Layang, Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pasca ditertibkan terbukti.

Setelah dua pekan lalu 4 penambang dan belasan unit TI sebu diamankan pada Selasa (13/9/2022) sore, 2 penambang kembali diamankan saat Tim Polsek Bakam bersama pihak PT THEP mendatangi lokasi.

"Sebelumnya sudah kita prediksi saat mengamankan 4 penambang pada 2 pekan lalu akan ada kembali mencari pasir timah diam diam ternyata benar 2 penambang berhasil kita amankan bersama peralatannya sementara belasan penambang memilih kabur saat tahu kita datang," kata Kapolsek Bakam Ipda Marto Sudomo saat dikonfirmasi Bangkapos.com.

Baca juga: Mulai Dibatasi, SPBU di Pangkalpinang Kini Tak Lagi Layani Pengerit

Baca juga: Pembelian BBM Jenis Pertalite Mulai Dibatasi, Hanya Boleh Isi Sehari Sekali di SPBU

Jajaran Polsek Bakam melakukan koordinasi dengan pihak perusahaan sawit PT THEP akibat kembali beroperasinya belasan unit TI jenis sebu dilahan HGU milik mereka di Desa Bukit Layang.

Selanjutnya,  tim gabungan kemudian mendatangi lokasi kebun yang dirambah para penambang.

Namun dari kejauhan para penambang yang melihat ada yang mendatangi lokasi memilih kabur membawa peralatan mereka menggunakan motor.

Saat tiba tim hanya berhasil mengamankan 2 orang pelaku penambang yang gagal kabur.

Keduanya yakni Toni Kusuma alias Toni (47) dan Supri (33) warga Desa Bukit Layang. Barang bukti yang diamankan 1 unit peralatan TI sebu bersama 1 timbangan. Selanjutnya kedua penambang diamankan ke Polsek Bakam.

Baca juga: Tiga ASN Kesbangpol Dipanggil Kejaksaan, Molen Pastikan Pegawainya Tak Tersandung Kasus Korupsi

Baca juga: DPD Partai Golkar Pangkalpinang Diterpa Kabar Tak Sedap, Begini Ceritanya

Penertiban ini dilakukan setelah sejumlah pohon sawit dilahan HGU PT THEP Bukti Layang tumbang akibat aktivitas TI sebu.

Rencananya para pelaku tambang ilegal ini akan dilimpahkan oleh Polsek Bakam ke Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Bangka besok.

"Untuk penanganan kasus oleh Unit Tipidter Sat Reskrim Polres Bangka besok kita limpahkan," kata Ipda Marto Sudomo 

Marto Sudomo mengatakan pihak Polsek Bakam akan terus berkoordinasi dengan pihak PT THEP jika ada kembali penambang yang beroperasi.

"Tetap pasti penambang ini ada yang balik lagi nambang pasir timah dilahan milik PT THEP kita akan berkoordinasi," kata Marto Sudomo.

(Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved