Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pemkab Bangka Barat Pasang 683 Titik PJU, Target Pendapatan PPJ Rp13,5 Miliar

Sebanyak 683 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) dipasang. Pemasangan PJU dilakukan oleh Pihak Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Lampu penerangan jalan umum di ruas jalan Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Rabu (14/9/2022)(Bangkapos.com/Yuranda) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Sebanyak 683 titik lampu penerangan jalan umum (PJU) dipasang. Pemasangan PJU dilakukan oleh Pihak Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Bangka Barat (Babar).

"Titik lampu jalan ini bukan kekurangan. Namun  banyak yang harus dipenuhi tapi kekurangan anggaran untuk itu kalau mau Bangka Barat terang benderang," kata Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Disperkimhub Bangka Barat, Juswardi, Rabu (14/9/2022).

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengolahan Data dan Evaluasi PAD, Badan Pengolahan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Bangka Barat, Sari Dwi Estari mengatakan targetnya, pendapat pajak penerangan jalan (PPJ) sebesar Rp13,5 Miliar. Terealisasi sebesar Rp8 miliar atau 60,37 persen.

"Kalau pungutan pelanggan PLN untuk tarifnya ada di peraturan daerah (Perda), dan bervariasi di antaranya, tarif pajak menggunakan 450 VA empat persen, 500 VA- 900 VA enam persen, tarif penggunaan hotel dan usaha besar 10 persen dan tarif pajak penerangan jalan ditetapkan sebesar 1,5 persen," kata Sari.

Terpisah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan, dan Aset Daerah (BPKAD) Bangka Barat, Abimanyu, mengatakan realisasi pajak merupakan komponen dari pendapatan asli daerah (PAD).

Kata dia, PAD itu bisa digunakan untuk seperti pelayanan kesehatan, pendidikan, operasional kantor dan termasuk Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP).

"Bisa untuk bayar BPJS kesehatan masyarakat, banyak yang bisa dilakukan karena PAD kewenangan daerah untuk mengelolanya seperti apa. Kalau realisasi total pajak sampai bulan Agustus 2022 ini sekitar Rp 22 Miliar," kata Abimanyu. (Bangkapos.com/Yuranda)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved