Breaking News:

Berita Bangka Tengah

Permudah Sumber Pengolahan Perikanan, Mahasiswa Bina Desa HIMASPER UBB Rilis Buku Profil UMM

Mahasiswa Bina Desa Himpunan Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER) Universitas Bangka Belitung merilis buku profil UMKM.

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Dok/Angelia
Mahasiswa Bina Desa Himpunan Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER) Universitas Bangka Belitung merilis buku profil UMKM yang berjudul "Industri Pengolahan Perikanan Unggulan". 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Mahasiswa Bina Desa Himpunan Manajemen Sumberdaya Perairan (HIMASPER) Universitas Bangka Belitung merilis buku profil UMKM yang berjudul "Industri Pengolahan Perikanan Unggulan".

Pembuatan buku profil ini diharapkan dapat mempermudah konsumen untuk mencari tahu terkait sumber pengolahan perikanan unggulan di Desa Batu Belubang.

Mahasiswa Bina Desa HIMASPER Universitas Bangka Belitung Angelia Nurtasbita Pratiwi dan pembina Dr. Sudirman Adibrata, S.T., M.Si memilih judul proposal "Peningkatan Administrasi UMKM Olahan Perikanan Desa Batu Belubang Dalam Upayah Promosi UMKM Desa".

Menurut Angelia di Desa Batu Belubang juga memiliki potensi untuk pemanfaatan hasil laut yang bisa dikembangkan sebagai ladang usaha masyarakat Batu Belubang. 

"Selain itu, terdapat pula beberapa produk dari industri rumah tangga nelayan setempat yang menjadi pontensi unggulan Desa Batu Belubang. Potensi Unggulan tersebut kemudian di kelola dalam sebuah wadah UMKM dari desa ini yaitu kricu, ampiang dan rusip," jelas Angelia dalam kepada Bangkapos.com, Jumat (16/9/2022).

Baca juga: Datang ke Ibu Kota Provinsi Bangka Belitung, Nikita Mirzani Bagikan 237 Kacamata buat Pelajar

Baca juga: Nikita Mirzani Ditemani Fitri Salhuteru Datang ke Bangka Belitung, Ada Apa?

Menurut Angelia, hingga saat ini banyak pelaku usaha yang ingin memperluas pasarnya namun belum memiliki wadah untuk mempromosikan barang olahannya agar dapat di ketahui secara luas. 

"Sejauh ini UMKM hanya memasarkan produk olahan mereka kepada warga sekitar dan dikirimkan ke daerah lain. Tidak semua wilayah mengetahui bahwa produk tersebut berasal dari Desa Batu Belubang maka dari itu Tim Bina Desa HIMASPER membuat buku Profil UMKM ini," katanya.

Menurut Angelia Tim Bina Desa HIMASPER melakukan silaturahmi ke beberapa tokoh masyarakat mulai pada tanggal 24 Februari 2022 dan telah mewancarai Sebanyak 35 UMKM yang berada di Desa Batu Belubang. 

Baca juga: 10 Orang Selesai Isolasi Covid-19, Ketua Satgas: Satu Orang Dikarantina

Kemudian, kunjungan dan silaturahmi selanjutnya dilakukan satu kali dalam seminggu, baik hari kerja maupun hari libur yang dilakukan oleh ketua pelaksana, tim penanggung jawab wawancara dan tim penanggung jawab pembuatan buku profil UMKM ini. 

"Lama Pengumpulan data ini berlangsung selama 4 bulan, kegiatan pengumpulan data ini sebenarnya durasi waktunya dapat di persingkat, namun dengan menimbang segala kendala yang ada seperti mencocokkan waktu dengan pelaku UMKM," jelasnya.

(Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved