Breaking News:

Polman Babel

Polman Negeri Babel Jalin Kerja sama dengan Pihak Kelurahan Jelitik, Serahkan Mesin Briket Arang

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung menjalin kerja sama dengan kelurahan Jelitik dalam salah satu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi

Penulis: iklan bangkapos | Editor: Fery Laskari
Ist.PolmanBabel
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung menjalin kerja sama dengan kelurahan Jelitik dalam salah satu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Politeknik Manufaktur (Polman) Negeri Bangka Belitung (Babel) menjalin kerja sama dengan Pihak Kelurahan Jelitik Sungailiat dalam sebuah pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yaitu pengabdian kepada masyarakat (PKM), Kamis (15/9/2022).

Bentuk nyata kerja sama tersebut seiring adanya penyerahan bantuan mesin briket arang kelurahan Jelitik, hasil karya Tim Polmanbabel yang terdiri atas Dosen Pristiansyah, MEng dan M Haritsah Amrullah, MEng serta mahasiswa Prodi D3 Teknik Perancangan Mekanik dan Prodi D3 Teknik Perawatan dan Perbaikan Mesin di kantor Lurah Jelitik.

Penyerahan mesin briket arang merupakan Program Teknologi Tepat Guna (TTG) melalui pembiayaan dari PT Timah untuk kelompok pemberdayaan masyarakat (Kampoeng Kelapa), sinergitas pentahelix dalam membangun pemberdayaan masyarakat menuju kemandirian.

Pristiansyah, MEng selaku Ketua Pelaksana Kegiatan PKM Polman Negeri Babel mengatakan, TTG hasil karya mahasiswa tersebut dilakukan mengingat warga masyarakat Jelitik kerap melakukan batok kelapa menjadi arang briket untuk dijadikan bahan bakar minyak dalam kegiatan rumah tangga.

"Sebelumnya, kami melihat warga masyarakat Jelitik dalam pengolah batok kelapa menjadi arang menggunakan metode yang kurang efektif serta memakan banyak waktu karena masih diproduksi secara manual," jelasnya.

"Ia juga mengungkapkan kegiatan ini untuk mendorong kapasitas produksi arang briket yang masih tergolong rendah serta mengenalkan produksi ke masyarakat luar daerah Bangka Belitung," tambahnya.

Pristiansyah yang juga Ketua Jurusan Teknik Mesin ini menambahkan 2 mesin yang diserahkan berupa Mesin penghancur arang tempurung kelapa dan Mesin pencetak briket arang.

Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung menjalin kerja sama dengan kelurahan Jelitik dalam salah satu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).
Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung menjalin kerja sama dengan kelurahan Jelitik dalam salah satu pelaksanaan tridharma perguruan tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). (Ist.PolmanBabel)

Mesin penghancur menggunakan sistem motor bakar karena akan ditempatkan di lapangan,Sedangkan mesin pencetak menggunakan motor listrik. "Kapasitas mesin ini bisa menghasilkan briket 60 kg per jam " jelas Pristiansyah.

Sementara itu pembuatan mesin memakan waktu kurang lebih 4 bulan, mulai dari indentifikasi kebutuhan, survey lapangan, desain dan pembuatan serta uji coba.

Eby (Divisi CSR) PT Timah Menjelaskan bantuan dana untuk pembuatan mesin ini merupakan kepedulian perusahaan kami terhadap masyarakat jelitik.

"Inilah bentuk kepedulian, jangan dilihat dari kwantitas tetapi inilah bentuk perhatian yang bisa kita berikan untuk masyarakat jelitik," katanya.

Achmad Riyadi, Lurah Jelitik berharap, melalui kegiatan ini akan dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Wilayah Jelitik serta Sangat berterima kasih pihak Polman Babel sudah memilih TTG karya mahasiswa di Kelurahan Jelitik.

"Dengan Adanya bantuan mesin ini diharapkan dapat mendorong kesejahteraan perekonomian masyarakat dengan menjadikan arang briket sebagai bahan bakar minya untuk kebutuhan sehari-hari, oleh karena itu tidak terhenti disini namun juga bisa lanjut ke kerjasama lainnya di kampus Polman Negeri Bangka Belitung," katanya.

Pada kesempatan yang sama juga dilaksanakan penandatangan perjanjian kerja sama antara Polman Negeri Babel dengan kelurahan Jelitik terkait pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat.

Perjanjian kerja sama ini juga merupakan salah satu tindak lanjut turunan dari MoU Polman Negeri Babel dengan Pemerintah Kabupaten Bangka sebelumnya.(oln.humaspolmanbabel)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved