Breaking News:

Butuh Ribuan LPJU Untuk Terangi Jalan di Babel, Akademisi Ingatkan Hal-hal Ini

jalan tanpa lampu penerangan merupakan jalan yang berbahaya dan lebih berisiko.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: M Ismunadi
Do/Ormuz
Pengamat Transportasi sekaligus Dosen Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung (UBB), Ormuz Firdaus 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Perhubungan Bangka Belitung (Babel), mengungkapkan untuk membuat ruas jalan provinsi di Bangka Belitung terang, perlu dipasang ribuan lampu penerang jalan umum (PJU) lagi.

Menyikapi itu, pemerintah provinsi akan secara bertahap memasang lampu PJU mulai tahun 2023 mendatang.

Pengamat Transportasi sekaligus Dosen Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung (UBB), Ormuz Firdaus mengatakan jalan tanpa lampu penerangan merupakan jalan yang berbahaya dan lebih berisiko.

Hal ini sebagaimana maksud Permenhub Nomor PM 27 tahun 2018 tentang Alat Penerangan Jalan.

Peraturan Menteri tentang Alat Penerangan jalan ini memiliki pertimbangan utama di dalamnya yaitu untuk mengoptimalkan fasilitas perlengkapan jalan berupa alat penerangan jalan guna mewujudkan keselamatan, keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas serta kemudahan bagi pengguna jalan dalam berlalu lintas.

"Keberadaan Penerangan Jalan Umum sangat diperlukan, karena merupakan salah satu pelayanan pemerintah daerah yang sangat dibutuhkan untuk kepentingan umum dan digunakan untuk penerangan jalan dimalam hari,

oleh karena itu lampu penerangan jalan umum sangat diperlukan untuk keamanan dan  kenyamanan pengguna jalan dan kelancaran dalam mobilitas perekonomian suatu daerah," ujar Ormuz, Sabtu (17/9/20220).

Fungsi utama lampu PJU adalah untuk memberikan pencahayaan pada malam hari bagi pengguna jalan sehingga masyarakat merasa aman dalam aktivitas perjalanannya.

Dia mengaku pernah melakukan kajian terkait LPJU. Namun lokasinya dibatasi hanya di Kota Pangkalpinang, dengan panjang ruas jalan nasional sepanjang 12,725 Km, 48 Km panjang jalan provinsi dan sekitar 421 Km panjang jalan kota.

"Ruas jalan nasional di provinsi  Bangka Belitung saat ini yaitu sepanjang 509,589 Km.

Sebagai contoh, kebutuhan Lampu penerangan jalan umum untuk jalan nasional di Kota Pangkalpinang sebanyak 271 unit sudah terpasang semua (100 persen),

namun butuh pemerataan pemasangan dan butuh pemeliharaan atau perbaikan untuk lampu yang mengalami kerusakan," jelas Ormuz.

Dia menyebutkan berdasarkan  Peraturan Menteri Perhubungan No 27 Tahun 2018 Tentang Alat  Penerangan Jalan.

Penyelenggaraan alat penerangan jalan dilakukan oleh kementerian untuk jalan nasional, Gubernur untuk jalan provinsi, Bupati untuk jalan kabupaten dan desa, dan Walikota untuk jalan kota.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved