Breaking News:

Berita Bangka Barat

Berikut Kategori untuk Melamar PPPK Guru di Bangka Barat, Ini Syarat dan Ketentuannya  

Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Kabupaten Babar mengatakan untuk pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak ada beberapa kategori

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kepala Bidang Guru dan ketenaga kependidikan, Dindikpora Babar, Henky. (Bangkapos.com/Yuranda)   

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga (Dindikpora) Kabupaten Bangka Barat (Babar) mengatakan untuk pengadaan pegawai pemerintah dengan perjanjian kontrak (PPPK) ada beberapa kategori.

Kepala Bidang Guru dan Ketenaga Kependidikan, Dindikpora Babar, Henky mengatakan pengadaan PPPK untuk jabatan fungsional guru tahun 2022. Sesuai dengan Permenpan RB nomor 20 Tahun 2022.

Kata dia, untuk jabatan fungsional guru ada dua kategori yaitu pelamar prioritas dan umum serta beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk melamar PPPK guru.

"Ada dua kategori. Pertama pelamar protitas. Pelamar protitas ini dibagi tiga tahapan, tahap pertama tenaga honorer kategori II (THK-II) yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Tahun 2021. Artinya dia sudah ikut tes PPPK tapi belum dinyatakan diterima. Jadi sudah ada nilai plus," kata Henky, ditemui Bangkapos.com di ruangannya, Senin (19/9/2022).

Lanjutnya, masih pada itahapan yang sama, guru non-ASN, lulusan pendidikan profesi guru (PPG) dan guru swasta yang memenuhi nilai ambang batas pada seleksi PPPK Tahun 2021.

Sedangkan tahap kedua, masih memproritaskan guru yang berstatus tenaga honorer kategori II (THK-II) dan tahapan ketiga memprioritaskan guru non-ASN di sekolah negeri yang terdaftar di Dapodik milik masa kerja minimal tiga tahun.

"Nanti mereka ini masuk dalam prioritas. Kalau nantinya THK II memenuhi syarat langsung bisa diprioritaskan. Kalau tidak ada THK II, berarti di bawahnya guru non-ASN dan memang masih ada formasi dan belum terisi barulah PPG dan guru minimal 3 tahun mengajar," ungkapnya.

Sedangkan untuk pelamar umum mendaftar PPPK guru harus lulusan pendidikan profesi guru (PPG) dan terdaftar di database di kementerian dan terdaftar di Dapodik.

"Nah, melihat ini pelamar yang terdaftar di Dapodik, bisa siapapun kalau prioritas harus tiga tahun. Tapi kalau tidak terisi dan ada sisa formasi maka diisi umum," ujarnya.

Sedangkan bagi pelamar PPPK umum tidak ada batasan, hanya berlaku di umur, minimal berusia 20 tahun dan maksimal 59 tahun pada saat daftar dan berwarga negara Indonesia, sehat jasmani dan rohani, tidak menjadi anggota parpol dan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK).

"Selain itu pelamar umum juga harus melampirkan surat keterangan kesehatan dari dokter rumah sakit dan menyampaikan video singkat untuk melamar PPPK. Untuk rinciannya belum bisa disampaikan sebeb pada tahun 2021 Babar tidak mengadakan PPPK," ucapnya. (Bangkapos.com/Yuranda)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved