Breaking News:

Berita Bangka Barat

Pelabuhan Tanjung Ular Bangka Barat Bakal Dijadikan Kawasan Industri

Hanya saja status Pelabuhan Tanjung Ular, lokal pelabuhan ini tidak bisa dikelola sembarang karena regulasi ini yang harus diupayakan.

Penulis: Yuranda | Editor: Tedja Pramana
bangkapos.com
Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Pelabuhan Tanjung Ular, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal dijadikan kawasan industri di wilayahnya.

Hal tersebut juga didukung dengan kemampuan pelabuhan yang bisa menampung sampai dengan 1500 gross ton (GT) dan kedalaman pelabuhan yang dibuat sekitar 30 meter.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan, pelabuhan ini dibangun untuk menunjang kawasan industri di Kabupaten Bangka Barat.

"Untuk itu kita sudah mempersiapkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan bahwa di sana kita akan jadikan sebagai kawasan industri, tidak ada kawasan perkebunan apalagi swasta," kata Bong Ming Ming, Senin (19/9/2022).

Hanya saja status Pelabuhan Tanjung Ular, lokal pelabuhan ini tidak bisa dikelola sembarang karena regulasi ini yang harus diupayakan.

Sehingga masyarakat di sekitar pelabuhan akan terfasilitasi dan pembangunan tetap berjalan. Pembangunan ini punya nilai dan berdampak positif untuk masyarakat sekitar.

"Kabarnya ada Pak Jokowi datang ke sini itu lah yang akan kami diskusikan terkait pelabuhan. Saya melihat ada perubahan besar di Pelabuhan Tanjung Ular, Kecamatan Muntok, Babar," ujarnya.

Ditambahkannya, akan menjadi salah satu pelabuhan yang diandalkan di Indonesia. Setelah pelabuhan yang ada di daerah lain. Selain itu, letak geografis pelabuhan Tanjung Ular menguntungkan bagi Babar.

"Cuma nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Kabarnya juga ada rencana ESDM akan membuat kawasan Pelabuhan Tanjung Ular untuk industri batu bara yang terbesar di Sumatera Bagian Selatan," ucap dia.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved