Breaking News:

Presiden Jokowi Bakal Kunjungi Bangka Belitung, Kawasan Tanjung Ular Jadi Tujuan Kali Ini, Ada Apa?

Presiden Joko Widodo dijadwalkan datang ke Bangka Belitung dalam waktu dekat. Presiden akan meninjau ksiapan Pelabuhan Tanjungular,

Penulis: Teddy Malaka CC | Editor: Teddy Malaka
YouTube Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi terlihat berbaju Paksian asal Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam Pidato Kenegaraan hari ini, Selasa (16/8/2022) pagi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Presiden Joko Widodo dijadwalkan datang ke Bangka Belitung dalam waktu dekat. Presiden akan meninjau ksiapan Pelabuhan Tanjungular yang akan menjadi kawasan industri.

Wakil Bupati Bangka Barat (Babar), Bong Ming Ming menyebutkan, dua pekan ke depan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) bakal meninjau Pelabuhan Tanjungular di Desa Airputih, Kecamatan Muntok Babar.

Kata dia, kabar kedatangan presiden itu disampaikan oleh Penjabat (PJ) Gubernur Bangka Belitung, Ridwan Djamaluddin beberapa waktu lalu.

"Dikabarkan dari Pak PJ, Pak Jokowi akan datang ke sini untuk meninjau Pelabuhan Tanjungular. Dua minggu lagi direncanakan," kata Bong Ming Ming, usai rapat rencana pengoperasian Pelabuhan Tanjungular di OR I Setda Pemkab Babar, Senin (19/9/2022) .

Baca juga: KABAR GEMBIRA Guru Honorer Bakal Dapat Insentif Sebesar Rp3 juta, Begini Infonya

Setelah mendengar rencana Presiden Republik Indonesia akan meninjau Pelabuhan Tanjungular Muntok, Bong Ming Ming merasa optimis bahwa pelabuhan tersebut akan berfungsi secara maksimal.

Sementara itu, pihaknya sedang mempersiapkan beberapa hal guna menyambut kedatangan orang nomor satu di Indonesia satu di antaranya presentasi fungsi dan tujuan dibangunnya pelabuhan Tanjungular tersebut.

"Makanya saya sangat optimis tatkala pak jokowi mengunjungi Pelabuhan Tanjung Ular ini dia punya gambaran besar tentang Pelabuhan Tanjungular," katanya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat sendiri, menurut Bong Ming Ming, sudah mulai melakukan persiapan. Untuk persiapan tersebut kemungkinan Pemkab bakal menggandeng PT Timah.

Baca juga: Kamaruddin Simanjuntak Ungkap Jual Beli Bintang, Ada yang Setor Rp2,5 Miliar, Jabatan Tak Dapat

Baca juga: Kisah Kamaruddin Simanjuntak Minta Maaf ke Publik, Kecewa Pada Presiden, Ayah Brigadir J Sudah Lelah

"Persiapan semuanya sudah kita siapkan, saya dimintai pak bupati untuk mempersiapkan beberapa hal mulai dari persentase. Seperti lahan dan berbagai hal untuk menyambut kedatangan beliau. Insyaallah melibatkan PT Timah karena dia adalah BUMN dipihak kita," ucapnya.

Pelabuhan Tanjung Ular, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal dijadikan kawasan industri di wilayahnya.

Hal tersebut juga didukung dengan kemampuan pelabuhan yang bisa menampung sampai dengan 1500 gross ton (GT) dan kedalaman pelabuhan yang dibuat sekitar 30 meter.

Wakil Bupati Bangka Barat, Bong Ming Ming mengatakan, pelabuhan ini dibangun untuk menunjang kawasan industri di Kabupaten Bangka Barat.

"Untuk itu kita sudah mempersiapkan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan bahwa di sana kita akan jadikan sebagai kawasan industri, tidak ada kawasan perkebunan apalagi swasta," kata Bong Ming Ming, Senin (19/9/2022).

Hanya saja status Pelabuhan Tanjung Ular, lokal pelabuhan ini tidak bisa dikelola sembarang karena regulasi ini yang harus diupayakan.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved