Breaking News:

Berita Bangka Selatan

GPMB Bersama PWI Bangka Selatan Safari Literasi di SMA Negeri 1 Air Gegas

Kunjungan safari literasi merupakan bentuk dukungan dan motivasi ke salah saru penulis muda, yang bersekolah di SMA Negeri 1 Air Gegas.

Penulis: Adi Saputra | Editor: Tedja Pramana
Ist/PWI
Ketua GPMB bersama ketua PWI Bangka Selatan dan pihak SMAN 1 Air Gegas, saat melakukan safari literasi, Selasa (20/9/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GMPB) bersama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bangka Selatan (Basel) melakukan safari literasi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Air Gegas.

Tujuan dari kunjungan safari literasi merupakan bentuk dukungan dan motivasi ke salah saru penulis muda, yang bersekolah di SMA Negeri 1 Air Gegas.

Terutama siswa yang bernama Khoiriah Apriza telah menghasilkan lima karya cerpen, yang telah diterbitkan di media lokal Bangka Belitung (Babel).

Ketua GPMB Bangka Selatan, Rusmin menyebutkan, safari literasi ini untuk memberikan motivasi, dengan bertemu langsung kepada pihak sekolah maupun siswa tersebut.

"Melalui gerakan literasi ini akan menjadi daya saing bagi sekolah, serta membangun sumber daya siswa khususnya. Kami akan mendukung dan memberikan motivasi kepada kepala sekolah dan Khoiriah Apriza, terutama aktif menulis cerpen," sebut Rusmin, Senin (20/9/2022).

Ketua PWI Bangka Selatan, Dedy Irawan mengungkapkan PWI akan mendukung gerakan literasi pelajar khususnya di Bangka Selatan.

"Kami siap untuk menerima karya-karya sisiwa baik rilis berita, feature, opini serta karya tulis lainnnya. Seperti kemarin kami terima cerpen untuk di terbitkan, di media kawan-kawan wartawan khususnya Bangka Selatan," ungkap Dedy.

"Dengan kita sering menulis ataupun membaca, akan menambah wawasan maupun pemikiran kita yang lebih luas," tambahnya.

Hal senada di katakan Kepala Dinas Kearaipan dan Perpustakaan Daerah Bangka Selatan, Sumadi, kegiatan safari literasi GPMB bersama PWI Bangka Selatan untuk meningkatkan gerakan literasi daerah.

"Kami pemerintah daerah akan siap men-suport kegiatan sekolah, bagi para penulis-penulis muda khususnya. Kami memberikan apresiasi atas karya-karyanya, terutama untuk di bukukan melalui DKPD dan GPMB Bangka Selatan nantinya," kata Sumadi.

Sementara Kepala SMAN 1 Air Gegas Samsinar menyambut baik atas dukungan GPMB Bersama PWI Bangka Selatan, yang telah memberikan motivasi kepada salah satu siswi untuk giat menulis.

"Kami pihak sekolah mengucapkan banyak terima kasih kepada GPMB dan PWI Bangka Selatan, atas dukungan khususnya gerakan literasi di SMAN 1 Air Gegas," ucap Samsinar.

"Semoga kegiatan ini dapat memberikan motivasi siswa yang lainnya untuk meningkatkan minat menulis, sebelumnya kami juga ada ekskul jurnalistik. Siswa diminta aktif untuk menulis, baik berita sekolah, puisi maupun cerpen," terangnya.

Pemerintah daerah melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah dan GPMB Bangka Selatan akan memfasilitasi karya-karya tulis muda untuk diterbitkan menjadi sebuah buku.

(Bangkapos.com/Adi Saputra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved