Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Pemkot Pangkalpinang Dapat 118 Formasi PPPK Tahun 2022, Kuota Guru Paling Banyak

Hal ini dikeluarkan menyusul munculnya keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Plt Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Tidak lama lagi, seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2022 akan segera dibuka. Kali ini Pemerintah Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung kembali menyediakan ratusan kuota PPPK.

Pelaksana Tugas (Plt) Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BKPSDMD) Kota Pangkalpinang, Fahrizal mengatakan, pada tahun 2022 ini pihaknya mendapatkan jatah sebanyak 130 formasi.

Hal ini dikeluarkan menyusul munculnya keputusan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Di Kota Pangkalpinang kita mendapatkan 130 formasi PPPK yang diusulkan untuk tahun 2022 ini," kata dia kepada Bangkapos.com, Selasa (20/9/2022).

Fahrizal mengungkapkan, dari 130 kuota PPPK ini diperuntukan paling banyak untuk kebutuhan guru sebanyak 118 formasi dan tenaga kesehatan sebanyak 12 formasi. Jumlah tersebut sesuai arahan dari Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas.

Dimana rekrutmen aparatur sipil negara (ASN) pada tahun 2022 ini fokus kepada sektor pelayanan dasar. Terutama kesehatan dan guru sama seperti tahun 2021 lalu.

Rekrutmen sendiri dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) serta Kementerian Kesehatan.

"Di Pangkalpinang ada 118 P3K guru dan 12 untuk tenaga kesehatan. Itu rekrutmennya melalui kementerian masing-masing. Maksudnya untuk pendataan," terang Fahrizal.

Lebih jauh lanjut dia, perihal jadwal pelaksanaan seleksi sendiri rencananya akan dimulai pada pekan ketiga atau keempat pada bulan September 2022 ini.

Namun untuk tanggal pasti, pihaknya masih menunggu jadwal petunjuk teknis pelaksanaan pendaftaran dari Kemenpan-RB. Pasalnya, instruksi dan regulasi masih disusun oleh Pemerintah Pusat.

Pada Jumat 23 September 2022 mendatang, BKPSDMD bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) pelaksanaan rekrutmen PPPK guru.

Dari itu diharapkan dapat memperjelas proses dan mekanisme seleksi PPPK. Sedangkan untuk PPPK tenaga kesehatan belum ada mekanisme.

"Jadwalnya kalau dari Kemendikbud Ristek mulai minggu ketiga dan keempat bulan ini. Kalau dari guru akan dilakukan semacam bimtek pada hari Jumat ini," ungkapnya.

Kendati demikian kata Fahrizal, kuota 118 PPPK guru ini merupakan tindak lanjut dari rekrutmen PPPK guru sebanyak 307 orang pada tahun 2021 lalu. Dari kuota yang disediakan tersebut baru sebanyak 237 guru yang menjadi PPPK dan satu orang meninggal dunia.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved