Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Wedding Organizer Kian Menjamur, Akademisi Sebut Bisnis Jasa yang Menjanjikan

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Devi Valeriani, menyebut, peluang Wedding Organizer menjadi sangat penting

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Devi Valeriani
Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Devi Valeriani 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Bisnis Wedding Organizer (WO) di era sekarang kian diminati.

Pasangan yang akan melaksanakan pernikahan, tidak lagi disibukkan oleh berbagai macam persiapan.

Pasangan pengantin muda yang kebanyakan akan melangsungkan pernikahan adalah kaum milenial, yang biasanya memiliki pekerjaan atau berkarir. Sehingga waktu untuk mengurus segala kesiapan pernikahan sangat terbatas.

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Bangka Belitung, Devi Valeriani, menyebut, peluang Wedding Organizer menjadi sangat penting. Wedding Organizer memberikan tawaran untuk mengurus dari mulai akad hingga resepsi.

"Saat ini Wedding Organizer tidak hanya ada di kota-kota besar saja, namun sudah merambah ke Bangka Belitung. Konsep pernikahan yang dulunya diurus oleh calon mempelai wanita dan pria serta keluarganya, sekarang telah beralih ke Wedding Organizer, mulai dari konsep acara, katering, dokumentasi, pengisi acara, make up, wardrobe, dan lain sebagainya," jelas Devi kepada Bangkapos.com, Selasa (20/9/2022).

WO memiliki peran membantu pasangan dalam mengatur semua persiapan tersebut. Saat ini keberadaan WO semakin dibutuhkan karena dapat membantu meringankan beban calon pengantin, mengingat semua persiapan sebelum acara sangat banyak dan akan sedikit melelahkan jika dipersiapkan sendiri.

"Bisnis WO ini sangat menjanjikan, di mana jumlah penduduk yang melakukan pernikahan semakin meningkat seiring bertambahnya jumlah penduduk secara total. WO dapat menawarkan beragam paket, dari paket yang simpel sampai dengan paket premium. Malah sampai kepada pengurusan dokumen-dokumen pernikahan," imbuhnya.

Selain memang dibutuhkan, pelaku usaha Wedding Organizer juga harus memberikan kualitas terbaik, memberikan pelayanan maksimal, before (sebelum) dan after (sesudah) pelaksanaan pernikahan.

Persaingan harga paket dan kelengkapan isi paket, lanjut Devi, menjadi pertimbangan calon pengantin untuk menentukan WO mana yang akan dipilih.

"Strategi yang harus diterapkan oleh pelaku usaha jasa wedding adalah tetap melakukan marketing secara online dan offline, menyelipkan promo bisnisnya pada event yang sedang berlangsung, menjaga komunikasi yang baik dengan calon pasangan yang akan menggunakan jasa WO, serta memberikan informasi yang pasti tidak berubah-ubah terkait dengan jasa yang ditawarkan," tuturnya.

"Tidak ada salahnya memberikan harga promo atau diskon dan bonus pada paket-paket yang ditawarkan," tambahnya.

Tak hanya bisnis WO yang diuntungkan. Devi menuturkan, calon pasangan menggunakan WO memiliki keuntungan, di antaranya hemat waktu dari segala urusan terkait pernikahan, sudah dapat menentukan biaya yang akan dikeluarkan, bisa memilih WO yang kita inginkan sesuai dengan bujet.

"Pada WO yang profesional, biasanya ada kesepakatan yang dituangkan dengan kontrak yang harus disepakati oleh kedua belah pihak," ujarnya. ( Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved