Breaking News:

Berita Sungailiat

235 Guru Honor Lulus Passing Grade Tahun 2021 Langsung Jadi Guru PPPK, Begini Penjelasannya

Sebanyak 235 guru honorer yang mengikuti tes pegawai dengan perjanjian kerja (PPPK) Tahun 2021 di Kabupaten Bangka yang sudah dinyatakan lulus passing

Penulis: edwardi | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Rozali, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka. (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sebanyak 235 guru honorer yang mengikuti tes pegawai dengan perjanjian kerja (PPPK) Tahun 2021 di Kabupaten Bangka yang sudah dinyatakan lulus passing grade langsung diangkat menjadi guru PPPK pada Tahun 2022 ini.

"Insya Allah mereka ini sudah jelas orangnya yang lulus passing grade tes PPPK tahun 2021 lalu di Kabupaten Bangka akan langsung diangkat jadi guru PPPK yang direncanakan akan dilantik pada bulan Oktober 2022 nanti oleh Bupati Bangka," kata Rozali Romkad, Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka yang ditemui Bangkapos.com di kantornya, Rabu (21/09/2022).

Pada Tahun 2021 lalu untuk formasi guru PPPK sebanyak 102 formasi, di mana hanya 97 orang yang dilantik. Sedangkan peserta tes guru honorer yang dinyatakan lulus passing grade sebanyak 235 orang.

"Jadi hasil rapat bersama Kementerian Pendidikan Riset dan Teknologi, Kemenpan RB, BKN, Kementerian Keuangan dan Bappenas untuk menyinkronkan jumlah guru PPPK untuk Kabupaten Bangka yang dapat sebanyak 235 orang," ujar Rozali.

Dilanjutkannya, para guru PPPK yang dinyatakan lulus ini tersebar untuk mengajar di SDN dan SMPN yang ada di Kabupaten Bangka.

"Jadi intinya mereka tidak perlu ikut tes lagi tahun ini, karena sudah lulus passing grade pada tahun 2021 lalu, jadi tinggal tunggu keluar SK pengangkatannya saja," kata Rozali.

Diungkapkannya, untuk guru-guru ASN yang pada tahun 2022 ini yang masuk pensiun dari Januari sampai Desember 2022 nanti sebanyak 114 orang baik guru dan kepala sekolah.

"Bahkan meskipun kita nanti dapat pengangkatan 235 guru PPPK, namun Kabupaten Bangka masih tetap kekurangan guru sebanyak 97 orang. Sebab guru PPPK yang diangkat 235 ini sebelumnya merupakan guru honorer yang mengajar di sekolah-sekolah hanya perubahan status kepegawaian saja, hati bukan berarti menambah jumlah guru," imbuh Rozali.

Ditambahkannya, dari hasil pemetaan Dinas  Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bangka didapati kekurangan sebanyak 97 orang guru, baik untuk guru kelas, guru olahraga, guru pendidikan agama Islam dan lainnya, baik di jenjang SD maupun SMP negeri.

"Untuk mengatasi kekurangan guru ini, maka Pemkab Bangka akan mengangkat guru honorer kembali atau sekarang namanya GTT atau guru tidak tetap, karena setiap bulan ada guru dan kepala sekolah yang pensiun, kalau dibiarkan dan tidak diisi maka akan menganggu kegiatan belajar mengajar di sekolah," jelas Rozali. (Bangkapos.com/Edwardi)

 


 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved