Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Bantu Ciptakan Kepastian dan Perlindungan Hukum, Kemenkumham Gelar Rakor Majelis Pengawas Notaris

Kemenkumham Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi majelis pengawas notaris tahun 2022, Rabu (21/9/2022) di Soll Marina Hotel. 

Penulis: Andini Dwi Hasanah | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Andini Dwi Hasanah
Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHam) Republik Indonesia Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi majelis pengawas notaris tahun 2022, Rabu (21/9/2022) di Soll Marina Hotel 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KemenkumHam) Republik Indonesia  Kantor Wilayah Kepulauan Bangka Belitung menggelar rapat koordinasi majelis pengawas notaris tahun 2022, Rabu (21/9/2022) di Soll Marina Hotel. 

Kegiatan yang mengusung tema optimalisasi peran majelis pengawas melalui peningkatan profesionalitas, sinergitas, dan integritas yang berkeadilan dan berkepastian hukum.

Rapat koordinasi itu diikuti oleh 60 orang peserta dari Kanwil Kemenkumham dan para notaris di Bangka Belitung.

Dengan narasumber dari Majelis Pengawas Pusat Notaris Agung Iriantoro, Muhammad Maliki Sukmana dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan, dan Yuli Kemala dari Pengurus Wilayah Ikatan Notaris Indonesia Bangka Belitung.

Baca juga: Berawal dari Paket Mencurigakan, Polres dan Loka POM Belitung Bongkar Penjualan 3.000 Tramadol

Baca juga: Ridwan Djamaluddin Dilirik Jadi Calon Gubernur di Pilkada 2024, Begini Kata Ketua DPD PDIP Babel

Kepala Kanwil Kemenkumham Bangka Belitung, T. Daniel L. Tobing menyebut, notaris merupakan pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta autentik dan memiliki kewenangan lainnya.

Menurutnya, peran notaris sangat penting dalam membantu menciptakan kepastian dan perlindungan hukum bagi masyarakat.

Keberadaan Notaris tidak terlepas dari kebutuhan masyarakat yang membutuhkan pelayanan dalam hal pembuatan akta autentik sebagai alat bukti atau sebagai syarat sah atau mutlak untuk perbuatan hukum tertentu. 

"Kehadiran notaris memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat, sebagaimana misalnya dalam hal mendirikan suatu badan usaha, perjanjian jual-beli, dan lain sebagainya,"  jelas Daniel dalam sambutannya sekaligus membuka rapat koordinasi tersebut, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, notaris merupakan profesi yang terhormat dan selalu berkaitan dengan moral dan etika ketika menjalankan tugas jabatannya.

Notaris harus berpegang teguh dan menjunjung tinggi martabat profesinya sebagai jabatan kepercayaan dan terhormat. Karena lekatnya etika pada profesi notaris sehingga disebut sebagai profesi yang mulia.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved