Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Berantas Penyebaran Narkotika, BNNK Pangkalpinang Gandeng Insan Pers

Replianto mengatakan, dalam pemberitaan yang menyangkut narkotika, insan pers harus mengedepankan azas praduga tak bersalah.

Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Replianto saat menjadi narasumber kegiatan BNNK Pangkalpinang di Sun Hotel, Rabu (21/9/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Pangkalpinang melaksanakan workshop, penguatan kapasitas media untuk mendukung kota tanggap ancaman narkoba yang digelar di Sun Hotel Pangkalpinang, Rabu (21/9/2022).

Hadir Ketua Dewan Kehormatan PWI Bangka Belitung, Replianto serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pangkalpinang, Donal Tampubolon sebagai pemateri.

Terkait peran pers, Replianto mengatakan, dalam pemberitaan yang menyangkut narkotika, insan pers harus mengedepankan azas praduga tak bersalah.

"Pers itu demografis yakni berimbang dan profesional, menjaga moralitas berkaitan dengan suku, agama, ras dan antar golongan (SARA). Lalu juga menjaga supremasi hukum yakni praduga tak bersalah," ujar Replianto.

Senada, Donal Tampubolon mengatakan, media massa memiliki peran strategis, dalam penyampaian informasi terkait bahayanya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat.

"Diharapkan media massa jangan tertarik dalam mengupas narkoba dari sisi sensasi. Media harus memiliki peran nyata dalam penyampaian informasi seperti pencegahan, pemberantasan atau penindakan dan rehabilitasi," tutur Donal.

Terlebih Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang juga telah menetapkan peraturan daerah (Perda) Kota Pangkalpinang nomor 8 tahun 2018 tentang pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkotika.

Selain itu ada pula inpres nomor 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN) dan prekursor lainnya.

"Untuk memberantas dan menindaklanjuti Perda dan Inpres, pemerintah dan instansi terkait kini telah membentuk regulasi, sosialisasi, membentuk tim terpadu kota dan kecamatan, serta melakukan pencegahan dan pengawasan bersama," jelasnya.

Lebih lanjut Donal Tampubolon mengungkapkan, pentingnya penguatan lingkungan dan keluarga jadi faktor terpenting dalam memberantas narkotika.

"Saat ini pemerintah berupaya kalau orang sudah ketergantungan, misal di lingkungan ada keluarga yang terjerat narkoba pemakai silahkan keluarga melaporkan agar dapat direhabilitasi," ungkapnya.

(Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved