Breaking News:

Berkolaborasi dengan BI, Dekranasda Babel Hadirkan 4 UMKM dalam Pameran Kriyanusa 2022

Pameran yang dibuka oleh Hj Iriana Joko Widodo itu berlangsung selama 5 hari, yakni 21 hingga 25 September 2022. 

Penulis: Iklan Bangkapos | Editor: Novita
IST/Dokumentasi Dekranasda Bangka Belitung
Kegiatan Pameran Kriyanusa Kerajinan Nusantara 2022 
BANGKA - Setelah vakum selama 2 tahun, Pameran Kriyanusa kembali digelar pada 2022. Kegiatan ini mengangkat tema "Semangat Bertahan Perajin Berdaya Saing" dengan tagline "Cinta Kriya dan Bangga Buatan Indonesia". 
Pameran yang dibuka oleh Hj Iriana Joko Widodo itu berlangsung selama 5 hari, yakni 21 hingga 25 September 2022. 
Pelaksanaan pameran yang berlokasi di Hall A Balai Sidang Jakarta Convention Center ini gratis dan dapat dihadiri oleh masyarakat umum. 
Pameran Kriyanusa bertujuan untuk membantu pemasaran produk-produk UMKM unggulan di seluruh wilayah Indonesia. 
Pada kesempatan ini, Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bersama dengan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung turut menghadirkan 4 UMKM Tenun Cual dan Batik dari Bangka Belitung.
Yaitu Rumah Budaya Kabong (Kabupaten Belitung), Batik Dmahen (Kabupaten Belitung), Ng’Ruit (Kota Pangkalpinang) dan Tenun Cual Magdalena (Kabupaten Bangka Barat). 
Selain ke 4 UMKM tersebut, hadir juga produk kerajinan unggulan lainnya seperti rajutan dari Bangka, sedotan Purunea Belitung, pewter, Tenun Cual Maslina, Destiani dan Ishadi Pangkalpinang.  
Produk ini telah melalui kurasi, sehingga yang ditampilkan merupakan produk yang berkualitas dan mencerminkan kebudayaan Bangka Belitung. 
Salah satu tantangan yang dihadapi dalam upaya pengembangan sekaligus pelestarian tenun cual adalah regenerasi penenun. Karena tenun cual memiliki potensi pasar yang luas bahkan sampai dengan ekspor, namun tidak diimbangi dengan regenerasi penenun cual.
Tenun cual yang merupakan warisan budaya Bangka Belitung, mampu menjangkau bermacam lapisan  masyarakat dengan diversifikasi jenis-jenis tenun cual. Seperti tenun ATBM yang dapat digunakan sebagai busana dalam berbagai kegiatan. 
Regenerasi cual masih perlu dioptimalkan. Misalnya bisa dimulai dari sekolah vokasi (SMK) dengan memasukkan materi tenun cual ke dalam kurikulum.
Pada acara Pameran Kriyanusa 2022 ini, para perajin juga melakukan demonstrasi pembuatan tenun cual di lokasi pameran, yang secara langsung disaksikan juga oleh Iriana Joko Widodo saat berkunjung ke stan Bangka Belitung,  didampingi juga oleh  Wury Ma'ruf Amin selaku Ketua Umum Dekranas dan Sri Utami Ridwan Djamaluddin, Pj Ketua Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Selain itu juga meninjau produk-produk unggulan Bangka Belitung lain seperti kerajinan resam, rajutan, lidi nipah dan batik Belitung.
Diharapkan, dengan adanya demonstrasi ini dapat memperkenalkan tenun cual kepada seluruh pengunjung, baik pengunjung lokal maupun internasional. 
Selain produk UMKM Bangka Belitung, produk-produk kain dari perajin di seluruh wilayah Indonesia juga hadir dalam kegiatan Pameran Kriyanusa 2022. 
Tentunya, pelaksanaan kegiatan ini tidak terlepas dari adanya sinergi dan kolaborasi antara Dekranasda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan KPWBI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.  (*)
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved