Breaking News:

Berita Sungailiat

Mahkamah Agung Tolak Gugatan PT Pulomas, Begini Amar Putusannya 

 Mahkamah Agung Tolak Gugatan PT Pulomas, Pemprov Babel Dapat Gugatan delapan Kali  

Penulis: edwardi | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Rewi Sukandri, Kepala Seksi Pengaduan dan Penegakkan Hukum Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DLHK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi Kepala Primkopal Lanal TNI AL Babel, Mayor Heru K dan perwakilan PT APB, Budiono saat jumpa pers di Posmat TNI AL Sungailiat, Rabu (21/09/2022). (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) bersama Primkopal/Inkopal dan PT Anugerah Pasir Berkah (APB) menggelar jumpa pers, Rabu (21/9/2022).

Jumpa pers tersebut terkait gugatan PT Pulomas Sentosa kepada Pemprov Babel soal pencabutan izin, yang  akhirnya ditolak Mahkamah Agung RI.
 
Mahkamah Agung RI melalui Putusan Kasasi Nomor: 365 K/TUN/LH/2022 tanggal 19 Juli 2022 mengeluarkan amar putusan kasasi,  yakni:

1. Menolak permohonan kasasi dari pemohon kasasi PT Pulomas Sentosa 
2. Menghukum pemohon kasasi membayar biaya perkara pada tingkat kasasi sejumlah Rp500.000,00 (lima ratus ribu rupiah).

"Kemarin kita menerima amar keputusan Mahkamah Agung  ini, jadi dengan adanya amar putusan ini berarti sudah dimenangkan Pemprov Babel dan sudah dinyatakan inkrah atau memiliki keputusan hukum tetap," kata Rewi Sukandri, Kepala Seksi Pengaduan dan Penegakkan Hukum Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan DLHK Provinsi Kepulauan Bangka Belitung didampingi Kepala Primkopal Lanal TNI AL Babel, Mayor Heru K dan perwakilan PT APB, Budiono saat jumpa pers di Posmat TNI AL Sungailiat, Rabu (21/09/2022).

"Harapan kami ke depan mari bersama-sama bersinergi untuk membantu masyarakat nelayan dalam pengerukan alur Muara Airkantung Sungailiat ini bisa berjalan lancar," lanjutnya. 

Diharapkan kepada masyarakat nelayan ke depan untuk bersama-sama mengawasi dan memastikan kalau kegiatan normalisasi alur Muara Airkantung Sungailiat ini bisa berjalan secara baik dan lancar.

"Kami mohon maaf kalau selama ini belum bisa penuh melakukan kegiatan, karena Pemprov Babel dalam hal sudah mendapatkan delapan kali gugatan, di mana enam gugatan sudah inkrah, satu gugatan masih banding dan satu gugatan masih jalan," ujar Rewi.

Ditegaskannya, terkait gugatan pencabutan izin usaha kepada PT Pulomas Sentosa sudah dinyatakan inkrah oleh Mahkamah Agung RI.

"Kami berharap kepada pihak Inkopal/Primkopal dalam pekerjaan normalisasi alur muara Airkantung Sungailiat bisa berjalan dengan lancar dan baik, jadi mohon dukungan dari semua pihak," harap Rewi.

Sementara itu Mayor Heru K, Kepala Primkopal Lanal Babel mengatakan selaku pelaksana di lapangan yang mendapatkan perjanjian kerja sama (PKS) dari Pemprov Babel ini semata-mata untuk membantu masyarakat nelayan supaya alur muara Airkantung Sungailiat ini segera terbuka normal.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved