Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Meminimalisasi ASN Tersandung Masalah Hukum, Inspektorat Pangkalpinang Buka Klinik Konsultasi

Klinik konsultasi ini dibuka untuk mengetahui permasalahan pengelolaan, guna menekan ASN yang khilaf dan tersangkut dalam penyalahgunaan wewenang.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Cepi Marlianto
Inspektur Kota Pangkalpinang, Syahrial. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Inspektorat Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka klinik konsultasi bagi seluruh perangkat daerah yang ada di lingkungan pemerintah setempat.

Inspektur Kota Pangkalpinang, Syahrial, mengemukakan, dibukanya klinik konsultasi ini untuk meminimalisasi kesalahan pengelolaan pengadaan barang dan jasa, hingga permasalahan pelayanan publik di daerah itu untuk meminimalkan kasus hukum.

Ini juga sebagai sarana konsultasi dan berkomunikasi perangkat daerah dengan Inspektorat.

"Konsultasi ini seperti orang datang bertanya terkait permasalahan, dan kita berikan solusi yang terbaik untuk perangkat daerah itu tadi," kata Syahrial kepada Bangkapos.com, Rabu (21/9/2022).

Klinik konsultasi ini dibuka untuk mengetahui permasalahan pengelolaan, guna menekan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang khilaf dan tersangkut dalam penyalahgunaan wewenang.

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.

Tujuannya, untuk memberikan keyakinan memadai atas tercapainya tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

"Klinik konsultasi ini baru kita luncurkan. Bisa dalam jaringan (daring, red) dan luar jaringan (luring, red)," terang Syahrial.

Disamping itu lanjut dia, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) yang efektif dibutuhkan untuk mencapai tujuan reformasi birokrasi.

Ia menjelaskan, peran APIP dibutuhkan dalam bentuk assurance activities, yaitu memberikan keyakinan memadai atas ketaatan, serta kehematan, efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi pemerintah.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved