Breaking News:

Berita Bangka Belitung

Mengulik Peluang Budaya Titip Menitip dan Cara Meminimalisirnya Pada Perekrutan PPPK 2022

Adanya fenomena titip menitip dalam penerimaan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja PPPK tahun 2022 bisa saja terjadi.

Penulis: M Zulkodri CC | Editor: M Zulkodri
Istimewa
Pemerintah akan membuka rekrutmen PPPK 2022. Formasi yang disediakan pada rekrutmen PPPK 2022 untuk pegawai honorer tahun ini sebanyak 1.086.128 orang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA---Adanya fenomena titip menitip dalam penerimaan Pegawai Pemerintah dengan perjanjian Kerja PPPK tahun 2022 bisa saja terjadi.

Hal diungkapkan Dosen Hukum Tata Negara (HTN) Fakultas Hukum Universitas Bangka Belitung (UBB), Muhammad Syaiful Anwar.

Pasalnya pemerintah daerah menjadi aktor tunggal dalam penerimaan administrasi calon PPPK.

Pemerintah akan membuka  seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2022.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) rencananya akan membuka pendaftaran seleksi PPPK 2022 pada minggu ketiga September ini.

Secara resmi pemerintah menegaskan bahwa seleksi penerimaan PPPK ini merupakan bagian yang tidak terelakkan sebagai bukti bahwa kebutuhan di wilayah-wilayah terluar itu masih membutuhkan tenaga yang secara khusus sebagai kebutuhan dasar masyarakat, dari sisi kesehatan, pendidikan maupun sarana teknis lainnya yang mendukung program pemerintah.

"Formasi PPPK sekarang ini harus disinkronkan dengan kebutuhan di daerah berbasis dari data dari pemerintah daerah, baik berkaitan dengan kebutuhan maupun sektor mana yang masih kekurangan sumber daya manusianya," ujar Anwar, Selasa (20/9/2022).

Hal ini menjadikan pemerintah daerah merupakan kunci pokok atas kebutuhan PPPK yang didaftarkan ke pemerintah untuk di verifikasi sehingga secara administrasi layak dan bisa mengikuti program seleksi selanjutnya.

Pemerintah daerah yang sebagai ujung tombak database penerimaan PPPK tersebut secara otomatis memposisikan pemerintah daerah adalah aktor tunggal atas penerimaan administrasi calok PPPK

"Kekuasaan yang tunggal ini menjadikan pemerintah daerah bisa melakukan hal-hal yang tidak menutup kemungkinan adanya persoalan klasik yakni titip menitip dalam penerimaan berkas calon PPPK tersebut," kata Anwar.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved