Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Pukesmas Air Bara Gelar Sosialisasi Strategi Pencegahan dan Penanganan Stunting

Oleh sebab itu pihaknya mengundang Kades, BPD, dan PKK, karena jangan sampai dibebani hanya satu pihak.

Penulis: Adi Saputra | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Pukesmas Air Bara
Puskesmas Air Bara menggelar sosialisasi pencegahan dan penanganan stunting, Rabu (21/9/2022) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Mengantisipasi meningkatnya stunting di masyarakat, Pukesmas Air Bara Kecamatan Air Gegas menggelar sosialisasi kepada masyarakat di tiga desa.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Air Bara yang dihadiri oleh Ketua Apdesi, Kades Nangka, Kades Air Bara, Ketua BPD, PKK dan masyarakat pada Rabu (21/9/2022).

Kepala Pukesmas Air Bara, Damsiar, kepada Bangkapos.com menyebut, dengan adanya kegiatan ini dapat mengurangi angka stunting di masyarakat.

"Kamu sangat berterima kasih kepada kader yang sangat bersemangat. Karena salah satu hasil dari kader ini, kita bisa lihat dari angka stunting khusus di wilayah kerja Pukesmas Air Bara, sudah sangat bagus, khususnya di Desa Nangka sampai sekarang masih nol," kata Damsiar kepada Bangkapos.com.

"Angka ini bukan semata-mata kerja keras kawan-kawan dari Pukesmas, tapi ini merupakan hasil dari kerja sama, kerja keras antara pukesmas. Terutama Pak Kades, BPD, tokoh agama, dan tokoh masyarakat yang telah dimotori oleh kader," tambahnya.

Kader, imbuhnya, merupakan rujukan, bukan hanya timbang data, tapi pelaporan yang bersifat digital.

"Untuk stunting itu, jangan sampai kita Pukesmas Air Bara yang sudah bagus, jangan sampai kita ngedrop. Jadi masalah stunting, kader itu sudah hafal, kami hanya sekadar mengingatkan kembali, stunting itu gangguan tumbuh kembang bayi berusia 5 tahun ke bawah karena kekurangan gizi kronis," kata Damsiar.

Oleh sebab itu pihaknya mengundang Kades, BPD, dan PKK, karena jangan sampai dibebani hanya satu pihak.

"Kader bagi kami merupakan patriot-patriot kesehatan bagi kami, kader orang-orang hebat pahlawan. Karena mereka rela bekerja tidak digaji, hanya dikasih insentif dari kades, sehingga mereka bekerja kadang pagi, siang, malam, kadang diminta bantu data oleh kawan-kawan pukesmas," tututrnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi sekaligus Kades Air Bara, Muklis Insan, menyambut baik kegiatan sosialisasi yang diberikan pukesmas kepada masyarakat.

"Kegiatan yang sangat bagus diadakan Pukesmas Air Bara, apalagi terkait stunting, menjadi program prioritas Bangka Selatan. Kami Desa Air Bara, Ranggas, dan Nangka sangat mendukung kegiatan ini," ujar Muklis.

Ia menyebut, kader adalah patriot paling depan. Kader mungkin salah satu kuping tebal karena menyerap aspirasi dari masyarakat.

"Cuma karena sosial begitu tinggi, jadi la dak mempan lagi, meski apalagi di zaman Covid kemarin. Mudah-mudahan tugas yang mulia ini menjadi pertimbangan kami di desa juga sehingga bisa meningkatkan taraf hidup para kader," terangnya.

Kegiatan sosialisasi diikuti sebanyak 38 orang, terdiri dari kader kesehatan posyandu dan posbindu di tiga desa. (Bangkapos.com/Adi Saputra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved