Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Calon Gubernur Babel 2024 Harus Bisa Dipercaya, Bukan Sekadar Populer dan Banyak Duit

Pilgub Babel 2024 nanti akan menjadi arena kompetitif bagi para kandidat calon gubernur untuk berebut pengaruh.

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Tedja Pramana
Istimewa/Rendy Hamzah
Dosen FISIP Universitas Bangka Belitung (UBB), Rendy Hamzah. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Akademisi atau Dosen FISIP Universitas Bangka Belitung (UBB), Rendy Hamzah menilai momentum elektoral Pemilihan Gubernur (Pilgub) di Babel masih tersisa kurang dari dua tahun, namun genderang politik lokal sudah mulai terasa.

"Termasuk mulai ramainya mobilitas pencitraan elit lokal yang memenuhi berbagai sudut ruang publik kita, baik di pedesaan maupun kota, baik di Bangka maupun di Belitung, termasuk mulai riuhnya sosialisasi dan promosi citra diri politisi lokal di berbagai platform media sosial," ujar Rendy, Kamis (22/9/2022).

Dia mengatakan tak heran suhu politik lokal perlahan mulai menghangat dan berarak dinamis.

"Lantas, publik pun bertanya-tanya tentang siapa sosok potensial yang akan maju nanti? Apakah akan muncul wajah-wajah baru yang akan menghiasi percaturan politik lokal di Bangka Belitung? tentu Pilgub Babel 2024 bukan sekedar ajang coba-coba apalagi sekedar beradu popularitas, mestinya inilah babak penting untuk beradu narasi dan visi-misi berkualitas," katanya.

Dia mengatakan, yang pasti Pilgub 2024 nanti menjadi instrument krusial bagi pendalaman demokrasi lokal, khususnya sebagai babak strategis bagi publik untuk menentukan siapa yang dapat dipercaya untuk memegang tampuk kepemimpinan Gubernur selanjutnya.

"Oleh karena itu, sosok yang maju nanti harus punya trust yang kuat di masyarakat akar rumput. Yang jelas, bukan sekedar populer dan punya modalitas ekonomi dan pengalaman menjabat semata, namun haruslah sosok yang kelak begitu berani menggaransi perubahan sosial yang kuat bagi publik rakyat," katanya.

Dia menambahkan Parpol memiliki peranan penting karena menjadi arena strategis untuk menjaring putra-putri terbaik untuk memegang mandat sebagai Gubernur Bangka Belitung.

"Bagaimanapun juga publik tentu memiliki ekspektasi yang tinggi akan hadirnya sosok pemimpin berkualitas yang dalam Bahasa Fukumaya sebagai the Trusted Leader, yaitu sosok yang benar-benar bisa dipercaya publik karena memiliki basis intelektual dan integritas moral yang kuat," katanya.

Konteks Pilgub kaitannya dengan isu lada, sawit dan timah

Akademisi atau Dosen FISIP Universitas Bangka Belitung (UBB), Rendy Hamzah mengatakan Pilgub Babel 2024 nanti akan menjadi arena kompetitif bagi para kandidat calon gubernur untuk berebut pengaruh.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved