Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Jafri Kembali Terpilih, Nama Andi Budi Prayitno Mencuat Jadi Kandidat PAW Bawaslu Bangka Belitung

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Belitung telah melakukan pelantikan dan pleno yang memutuskan EM Osykar sebagai ketua bawaslu.

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Ist/Bawaslu Babel
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Belitung telah melakukan pelantikan dan pleno yang memutuskan EM Osykar (kanan) sebagai ketua Bawaslu, anggotanya Jafri (tengah) dan Sahirin (kiri) untuk periode 2022-2027. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Bangka Belitung telah melakukan pelantikan dan pleno yang memutuskan EM Osykar sebagai ketua bawaslu, anggotanya Jafri dan Sahirin untuk periode 2022-2027.

EM Osykar terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Bawaslu Bangka Belitung 2022 - 2027 dalam rapat pleno pertama di Grand Mercure Jakarta, Rabu (21/9/2022).

Baca juga: BREAKING NEWS, Tim Penyidik Kejari Bangka Barat Geledah Kantor DPM Nakertrans

Baca juga: Kejari Bangka Barat Geledah Dua Instansi, Diduga Terkait Sertifikat Tanah Transmigran di Desa Jebus

Diketahui bahwa anggota bawaslu berjumlah lima orang, di mana saat ini hanya terdapat empat orang, yakni EM Osykar sebagai ketua Bawaslu Bangka Belitung, anggota Dewi Rusmala, Jafri dan Sahirin.

Dewi Rusmala merupakan anggota Bawaslu periode sebelumnya, yang akhir masa jabatannya (AMJ) berakhir pada Juli 2023, bersamaan dengan Jafri.

Tetapi Jafri saat ini kembali ikut seleksi dan berhasil lulus menjadi anggota Bawaslu periode 2022-2027, sehingga satu kursi harus segera dilakukan Pergantian Antar Waktu (PAW).

Anggota Tim Pansel Bawaslu Provinsi Bangka Belitung Wahyu Gusna mengatakan, Pergantian Antar Waktu (PAW) dilakukan usai Jafri kembali terpilih sebagai komisioner/anggota Bawaslu Bangka Belitung pada pemilihan terbaru.

"Jafri yang sebenarnya masih ada satu tahun akhir masa jabatannya sebagai komisioner Bawaslu hingga 2023 mendatang. Tetapi masuknya Jafri pada pemilihan yang baru maka terjadi kekosongan maka harus digantikan oleh PAW, karena komisioner ada lima orang berdasarkan aturan bahwa nomor urut berikutnya akan mengisi posisi tersebut," kata Wahyu Gusna kepada wartawan, Kamis (22/9/2022).

Dia menegaskan, anggota bawaslu yang menggantikan Jafri, masih tersisa hingga 2023 mendatang. 

Terdapat dua nama kandidat yang bakal menggantikan Jafri, yakni Syawaludin dan Andi Budi Prayitno.

"Dua nama tersebut yaitu Syawaludin dan Andi Budi Prayitno. Untuk proses PAW tersebut masih menunggu kebijakan dari Bawaslu RI, penetapan PAW ini dilakukan setelah pelantikan komisioner yang baru ini dilakukan nanti bakal dilakukan fit and proper test kembali untuk melihat kesiapan pengganti," tegasnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved