Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Wakil Komisi II DPR RI Kaget Dengar Ridwan Djamaluddin Rangkap Jabatan, Loh Masih Dirjen toh ?

Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Dr Junimart Girsang melakukan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI terkait pengelolaan Tata Ruang di Bangka Belitun

Penulis: Cici Nasya Nita | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Dr Junimart Girsang (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Dr Junimart Girsang melakukan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI terkait pengelolaan Tata Ruang di Bangka Belitung (Babel), Kamis (22/9/2022).

Saat kunjungan kerja di provinsi ini, Junimart sempat menyinggung soal rangkap jabatan Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin yang juga merupakan Dirjen Minera Batubara Kementrian  ESDM RI.

"Tadi saya tanya, pak gubernur tidak hadir itu kemana? Ke Jakarta, sudah berapa lama?. Sudah seminggu, ngapain?, urusan kedirjenannya, loh masih dirjen toh sampai sekarang?, saya kaget saja. Ini akan kita minta klarifikasi," ujar Junimart saat ditemui Bangkapos.com di Ruang Pasirpadi Kantor Gubernur Bangka Belitung.

Untuk meminta penjelasan soal jabatan Ridwan Djamaluddin, Komisi II DPR RI akan berkirim surat ke Kementrian  ESDM RI.

"Kita akan bersurat kepada ESDM. Apakah betul dirjen ini masih aktif sebagai dirjen padahal sudah jadi Pj," katanya.

Ditegaskannya, penjabat gubernur tak boleh rangkap jabatan sebab akan tidak fokus dalam pembangunan daerah.

Bahkan Pj Gubernur yang rangkap jabatan maka akan menjadi maladministrasi. "Kalau ada Penjabat masih menjabat di tempat asalnya itu menjadi maladministrasi. Ini akan kami bawakan nanti, dalam rapat dengan Kemendagri, supaya dievaluasi itu. Dia harus memilih Pj atau tetap," katanya.

Dia menambahkan dalam hal ini, Menteri Dalam Negeri harus mengambil sikap bila Pj Gubernur suatu daerah masih ada yang rangkap jabatan.

"Pak Menteri harus mengambil sikap, ya tentu kita akan menegur Mendagri. Kan sebelum menjadi Pj Gubernur masuk proses yang ketat, diputuskan Presiden. Setahu saya, dan saya belum pikun-pikun juga, ada syarat-syarat tidak boleh rangkap jabatan," kata Dr Junimart.

Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, Naziarto yang hadir dalam Rapat Kunjungan Kerja Spesifik Komisi II DPR RI itu enggan untuk memberikan komentar saat ditanyakan baik soal kunjungan dan rangkap jabatan Pj Gubernur Babel. (Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

 

 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved