Breaking News:

Bangka Tengah Memilih

Bawaslu Bangka Tengah Buka Rekrutmen Panwaslu Kecamatan, Segini Besaran Gaji yang Bakal Diterima

Kata dia, perekrutan Panwaslu Kecamatan ini dibuka untuk masyarakat secara umum dan Bawaslu Bangka Tengah menyiapkan kuota untuk 18 orang.

Penulis: Arya Bima Mahendra | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi Pribadi Robianto
Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka Tengah, Robianto 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka Tengah membuka pendaftaran sebagai Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) tingkat Kecamatan sejak 21 September lalu.

Ketua Bawaslu Bangka Tengah, Robianto, mengatakan, pembentukan Panswalu Kecamatan memang sudah menjadi amanat dari Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017, yang menyebutkan bahwa pengawasan pemilu ada di tingkat kecamatan, kelurahan/desa hingga ke tingkat TPS.

Kata dia, perekrutan Panwaslu Kecamatan ini dibuka untuk masyarakat secara umum dan Bawaslu Bangka Tengah menyiapkan kuota untuk 18 orang.

"Kami merekrut Panwaslu kecamatan ini untuk masa kerja selama 27 bulan, dimulai dari sejak dilantik. Pelantikannya nanti pada tanggal 26-28 Oktober 2022," kata Robi, Jumat (23/9/2022).

Para anggota Panwaslu Kecamatan juga akan mendapatkan gaji sesusai standar yang memang telah ditetapkan oleh Kementerian Keuangan.

"Untuk anggota Panwaslu Kecamatan akan menerima gaji Rp1,9 juta per bulan dan untuk ketuanya yakni Rp2,2 juta," terangnya.

Selain itu, Bawaslu juga membuka pendaftaran sebagai staf Panwaslu Kecamatan yang akan mendapatkan gaji dari Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.

"Baik ketua, anggota maupun staf Panwaslu Kecamatan akan mendapatkan gaji setiap bulannya yang akan langsung masuk ke rekening mereka masing-masing," sambungnya.

Robi menuturkan, bahwa Panwaslu Kecamatan memiliki tugas pokok untuk mengawasi seluruh tahapan pelaksanaan pemilu yang ada di wilayah kecamatan masing-masing.

Selain itu, mereka juga bertugas mengidentifikasi dan memetakan potensi pelanggaran serta berkordinasi dengan instansi-instansi terkait.

"Panwaslu Kecamatan ini juga bertugas untuk menginvestigasi awal terhadap dugaan pelanggaran dan melakukan penindakan," jelasnya.

Untuk itu, dirinya mengajak kepada masyarakat yang telah memenuhi syarat agar bergabung menjadi penegak demokrasi melalui Panwaslu Kecamatan ini.

"Kami mencari mereka-mereka yang terbaik yang ada di setiap Kecamatan. Jadi ayo daftar mumpung pendaftarannya masih dibuka. Untuk anggota Panwaslu Kecamatan, nanti akan berakhir tanggal 27 September dan untuk staf Panwaslu Kecamatan akan berakhir tanggal 30 September," imbuhnya.

Berikut syarat menjadi Panwaslu Kecamatan di Bangka Tengah:

  • Sehat jasmani dan rohani
  • Berusia minimal 25 tahun saat pendaftaran
  • Minimal lulusan SLTA/sederajat
  • Harus memiliki KTP Asli Bangka Tengah
  • Tidak termasuk dalam anggota partai politik
  • Tidak pernah terlibat sebagai tim kampanye selama 5 tahun terakhir.
  • Tidak pernah dipidana penjara selama 5 tahun terakhir. (Bangkapos.com/Arya Bima Mahendra)
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved