Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Dinas Lingkungan Hidup Bangka Selatan Gelar Aksi Bersih-bersih Serentak Bersama Masyarakat

Aksi dimulai dengan melakukan pembersihan lingkungan sekitar, hingga operasi memungut sampah serta dikumpulkan dan dipilah maupun dipilih.

Penulis: Adi Saputra | Editor: Novita
Ist/Dokumentasi DLH Bangka Selatan
Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Hefi Nuranda, bersama masyarakat dan pelajar berfoto bersama usai aksi bersih-bersih, Jumat (23/9/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka Selatan menggelar aksi bersih-bersih secara serentak pada Jumat (23/9/2022) pagi.

Walaupun hujan, namun tak menyurutkan aksi bersih-bersih dari pegawai lingkungan pemerintahan, kecamatan, kelurahan, desa hingga anak sekolah.

Kegiatan aksi bersih secara serentak dilakukan terbesar di dunia, terutama diikuti oleh 191 negara, 34 provinsi, dan 13 juta relawan.

Aksi dimulai dengan melakukan pembersihan lingkungan sekitar, hingga operasi memungut sampah serta dikumpulkan dan dipilah maupun dipilih.

Seperti diungkapkan Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DL) Bangka Selatan, Hefi Nuranda, seizin Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid, menyebut, pihaknya menggelar aksi bersih-bersih secara serentak.

"Alhamdulillah tadi walaupun sempat dilanda hujan deras, tapi kawan-kawan semua tetap melaksanakan aksi ini. Kegiatan aksi ini bukan hanya dilaksanakan hari ini, tapi hingga hari minggu nanti kami akan lanjutkan," kata Hefi kepada Bangkapos.com, Jumat (23/9/2022).

Ia pun menerangkan, aksi bersih-bersih dlakukan untuk mengurangi penumpukan sampah, terutama menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

"Sangat memberikan manfaat kegiatan ini karena kami mengajak seluruh kalangan, dari lingkup pemda, kecamatan, kelurahan, desa dan sekolah," terangnya.

"Apalagi sekarang DLH Bangka Selatan sedang gencar-gencarnya membuka bank sampah, sehingga masyarakat bisa memanfaatkan sampah dengan ditabung kepada kami, bisa ditukar dengan uang ataupun barang," tambah Hefi.

Hefi pun mengharapkan dukungan semua pihak untuk mendukung program-program DLH Bangka Selatan, khususnya dalam mengatasi permasalahan sampah.

"Mari kita bersama-sama jaga lingkungan sekitar kita, kalau bukan kita siapa lagi dan kapan lagi? Buang sampah pada tempatnya, jangan sampai sampah berserakan dimana-mana kalau bisa dimanfaatkan," ucapnya.

Sementara pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, sedang dilakukan penilaian Piala Adipura dan menargetkan bisa menerima piala kembali.

"Mudah-mudahan kita tahun ini mendapatkan Piala Adipura, berkat kerja sama dan dukungan semua pihak kita pasti bisa meraihnya," kata Hefi.

Selain program bank sampah DLH Bangka Selatan, sedang mengembangkan budi daya magot untuk mengatasi permasalahan sampah.

Untuk program bank sampah DLH Bangka Selatan selama kurang lebih empat bulan terakhir, sudah mengumpulkan sampah sebanyak 1,5 ton dengan berbagai jenis. (Bangkapos.com/Adi Saputra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved