Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Gelar Pelatihan Penulisan Feature, SMKN 1 Pangkalpinang Gandeng Bangka Pos

Alza juga berbagi tips dalam penulisan feature di mana dalam teknik penulisannya seperti mengisahkan cerita yang membuat pembaca merasa di dalamnya.

Penulis: Akhmad Rifqi Ramadhani | Editor: Novita
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Manajer Peliputan Bangka Pos, Alza Munzi Hipni, memaparkan materi pada pelatihan penulisan feature SMKN 1 Pangkalpinang, Jumat (23/9/2022) siang. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Menulis harus dengan hati, perasaan, dan berdasarkan fakta sehingga mampu membuat orang 'terhanyut' saat membacanya.

Demikian dikatakan Manager Peliputan Bangka Pos, Alza Munzi Hipni, saat menjadi pembicara pelatihan penulisan feature SMKN 1 Pangkalpinang, Jumat (23/9/2022) siang.

Kegiatan dalam rangka memperingati bulan bahasa itu mengusung tema Ukir Cerita Selangkah Asuh, diikuti oleh 37 siswa yang tergabung dalam Komunitas Pustakawan.

Para peserta tampak antusias dan tak segan bertanya banyak hal selama sesi pelatihan.

Suasana pelatihan pun semakin semarak saat diisi dengan gim ringan agar peserta lebih santai dan semangat.

"Senang sekali karena ada pelatihan seperti ini, baru perdana ikut jadi semakin semangat," ucap Marcel, seorang peserta pelatihan.

Pada kesempatan itu, Alza mengatakan tulisan feature merupakan kolaborasi antara pandangan visual, merekam dalam pikiran dan menuangkannya dalam tulisan.

Sehingga pembaca akan larut dalam tulisan itu yang dapat membangkitkan emosi, bisa saja empati, sedih, benci maupun senang.

"Sensasi membaca berita dengan teknik feature dan straight news itu sangat berbeda. Karena di dalam feature, pembaca akan diajak penulis untuk berkelana ke dalam imajinasinya. Berbeda halnya dengan straight news yang menonjolkan tulisan lugas dan kekuatan 5W dan 1H," jelas Alza.

Alza juga berbagi tips dalam penulisan feature, yang dalam teknik penulisannya seperti mengisahkan cerita dan membuat pembaca seolah-olah merasa di dalamnya.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved