Breaking News:

Pangkalpinang Memilih

Puluhan Orang Ingin Jadi Anggota Panwascam di Pangkalpinang,15 Perempuan Ikut Mendaftar

Ida memaparkan, pendaftar calon Panwascam setiap harinya mengalami peningkatan. Pada hari pertama, sebanyak sembilan orang telah mendaftarkan diri.

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Novita
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Ketua Bawaslu Kota Pangkalpinang, Ida Kumala 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Puluhan orang di Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tercatat telah mendaftarkan diri menjadi calon pengawas pemilihan umum kecamatan atau Panwascam.         

Sejak pendaftaran dibuka pada Rabu (21/9/2022) hingga Jumat (23/9/2022), sedikitnya sudah 31 orang mendaftarkan diri menjadi Panwascam, yang rencananya akan ditempatkan di tujuh kecamatan yang ada di Kota Pangkalpinang.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pangkalpinang, Ida Kumala, mengemukakan, pendaftaran dan penerimaan berkas calon anggota panwascam akan berlangsung selama tujuh hari, mulai 21 - 27 September 2022 mendatang.

"Sampai hari ini sudah sebanyak 31 orang yang mendaftarkan diri sebagai Panwascam," kata dia kepada Bangkapos.com, Jumat (23/9/2022).

Ida memaparkan, pendaftar calon Panwascam setiap harinya mengalami peningkatan. Pada hari pertama, sebanyak sembilan orang telah mendaftarkan diri. Kemudian pada hari kedua bertambah 10 orang menjadi 19 orang pelamar. Pada hari ketiga bertambah 12 orang menjadi 31 orang pelamar.

Rinciannya, masing-masing tersebar untuk melamar sebagai Panwascam di Kecamatan Bukit Intan dan Kecamatan Girimaya sebanyak satu orang, Kecamatan Gabek dua orang, Kecamatan Gerunggang 11 orang, Kecamatan Pangkalbalam enam orang, Kecamatan Rangkui dan Taman Sari sama-sama lima orang.

"Dari jumlah itu 16 orang laki-laki dan 15 orang perempuan," terang Ida Kumala.

Nantinya anggota Panwascam yang akan diterima hanya sebanyak 21 orang. Setiap kecamatan akan ditempatkan tiga orang anggota Panwascam. Seleksi anggota Panwascam menggunakan sistem gugur.

Bagi pendaftar yang memenuhi syarat administrasi nantinya melaju ke tahapan berikutnya, yaitu mengikuti tes kompetensi tentang kepemiluan berbasis komputer. Nantinya yang terpilih enam besar mulai dari nilai tertinggi. Dari enam besar itu akan mengikuti tes wawancara. Seleksi akan menggunakan sistem online.

"Jadi dari total pendaftar anggota Panwascam akan kita seleksi lagi," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved