Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Intensitas Hujan Tinggi, Kasat Polair Polres Pangkalpinang Minta Warga Perhatikan Cuaca saat Melaut

Irwan pun mewanti-wanti kepada masyarakat tak hanya sekadar membawa peralatan memancing, namun juga tetap membawa peralatan keselamatan diri.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Novita
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Kasat Polair Polres Pangkalpinang, AKP Irwan Haryadi 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Kasat Polair Polres Pangkalpinang, AKP Irwan Haryadi, mengimbau nelayan dan masyarakat yang hendak memancing ke laut agar memperhatikan kondisi cuaca.

"Kami mengimbau kepada masyarakat yang turun ke laut untuk berhati-hati karena cuaca, apalagi musim saat ini," ujar AKP Irwan Haryadi, Jumat (23/9/2022).

Terlebih, diketahui satu orang warga Desa Suka Mandi, Kabupaten Belitung, yakni Leo (20) dinyatakan hilang saat memancing di perairan Kuala Tambak Kabupaten Belitung.

Dengan adanya kejadian tersebut, Irwan pun mewanti-wanti kepada masyarakat tak hanya sekadar membawa peralatan memancing, namun juga tetap membawa peralatan keselamatan diri.

"Kami minta masyarakat ini safety ke laut agar diperhatikan, alat-alat keselamatan dilengkapi. Misalnya, di perahu harus ada pelampung atau alat keselamatan lainnya. Lalu juga harus aware atau peduli memperhatikan cuaca, jangan memaksa kalau cuaca sudah terlihat buruk," jelasnya.

Sementara itu diberitakan sebelumnya, Stasiun Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Depati Amir Pangkalpinang, memprediksi Bangka Belitung memasuki fase puncak musim kemarau pada akhir September 2022.

Prediksi itu berdasarkan prakiraan siklus cuaca tahunan Babel, di mana tanda-tanda musim kemarau dimulai Juli hingga September. Sementara itu musim penghujan diprediksi pada akhir tahun nanti.

Kendati memasuki musim kemarau, namun fakta di lapangan malah sebaliknya, tanda-tanda kemarau justru belum nampak meski di puncak musim kemarau.

Pasalnya, belakangan ini, intensitas hujan di Babel cukup tinggi, bahkan beberapa minggu terakhir, hujan terus mengguyur wilayah Babel secara merata hampir setiap hari.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji, membenarkan hal tersebut. Menurutnya, ada beberapa penyebab tingginya intensitas hujan di wilayah Babel hari ini.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved