Breaking News:

Bacaan Niat

Cara Sholat Istikharah, Niat Beserta Doanya untuk Minta Petunjuk

Berikut ini penjelasan mengenai cara sholat isitkharah, niat beserta doanya untuk meminta petunjuk.

Penulis: Dedy Qurniawan CC | Editor: Dedy Qurniawan
Tribunnews
Cara sholat istikharah 

BANGKAPOS.COM - Berikut ini penjelasan mengenai cara sholat isitkharah, niat beserta doanya untuk meminta petunjuk.

Dalam Islam, sholat Istikharah merupakan sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dilaksanakan ketika seorang muslim ragu di antara dua pilihan.

Sholat isitkharah juga bisa dilaksanakan untuk urusan dalam memilih jodoh.

Ya, begitulah keutamaan sholat istikharah.

Nah, dilansir dari sejumlah sumber, sholat istikharah dapat dilakukan kapan saja mau siang ataupun malam hari kecuali tidak pada 3 waktu yang terlarang untuk melakukan sholat.

Apa saja itu?

Waktu yang terlarang untuk sholat di antaranya adaah ketika matahari terbit atau sedang berada di tengah atau sedang terbenam (HR. Jama’ah kecuali Bukhari).

Namun jika mendesak dan butuh segera, sebagian ulama memiliki pandangan bahwa sholat istikharah boleh dikerjakan saat itu juga walaupun pada waktu yang terlarang.

Lantas, berapa kali seorang muslim bisa melaksanakan sholat istikharah?

Sholat istikharah bisa dilakukan sebanyak satu kali yakni dua rakaat, namun bisa mengulanginya dua atau tiga kali ketika masih ragu.

Sholat istikharah bisa dikerjakan sampai hati timbul perasaan tenang dan yakin terhadap salah satu pilihan yang ada.

Melansir dari sejumlah sumber, sholat Istikharah ini disunnahkan diulang-ulang sebanyak tujuh kali sebagaimana hadis riwayat Ibnu Sunni di dalam kitab Amalul Yaum Wallailah dari Anas bin Malik, Rasulullah saw. bersabda:

«يَا أَنَسُ، إِذَا هَمَمْتَ بِأَمْرٍ فَاسْتَخِرْ رَبَّكَ فِيهِ سَبْعَ مَرَّاتٍ، ثُمَّ انْظُرْ إِلَى الَّذِي يَسْبِقُ إِلَى قَلْبِكَ، فَإِنَّ الْخَيْرَ فِيهِ» أخرجه ابن السني

“Wahai Anas, jika kamu gundah dengan suatu hal, maka mintalah pilihan (petunjuk) kepada Tuhan mu sebanyak tujuh kali. Kemudian lihatlah yang tersirat pada hatimu, maka sungguh kebaikan ada di dalamnya.” (HR. Ibnu Sunni).

Halaman
123
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved