Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Wali Kota Pangkalpinang Menilai Pramuka Jadi Sarana Efektif Membangun Karakter

Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, pramuka adalah sarana yang efektif untuk membangun karakter generasi muda. 

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: nurhayati
Dok/Kominfo Pangkalpinang
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil dan Ketua Kwarcab Kota Pangkalpinang, Monica Haprinda saat memperoleh piagam penghargaan saat upacara Hari Pramuka ke-61 di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Sabtu (24/9/2022) kemarin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengatakan, pramuka adalah sarana yang efektif untuk membangun karakter generasi muda. 

Dengan begitu, pramuka menjadi wadah pendidikan generasi muda untuk ikut  mewujudkan cita-cita bangsa.

Hal itu terlihat dari disiplin para anggota pramuka yang mengikuti upacara, mereka tetap tangguh berdiri di bawah guyuran hujan saat upacara Hari Pramuka ke-61 di Alun-alun Taman Merdeka, Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sabtu (24/9/2022) kemarin.

“Adik-adik pramuka ini tidak diragukan lagi disiplinnya. Saya salut,” kata Maulan Aklil dalam keterangan tertulisnya yang diterima Bangkapos.com, Minggu (25/9/2022).

Baca juga: Indonesia Tolak Senjata Nuklir dalam Perang Rusia-Ukraina, Vladimir Putin Ingatkan Barat

Baca juga: Serunya Gabung di Komunitas Volkwagen Independen Pangkalpinang, Mobil Klasik Sulit Dilupakan

Maulan Aklil mengungkapkan, pada peringatan pramuka kali ini dengan mengangkat tema ‘Mengabdi Tanpa Batas Untuk Membangun Ketangguhan Bangsa’ dinilai sangat tepat.

Di mana dalam Pramuka ini diajarkan bagaimana cinta tanah air, bela negara, gotong royong, menghargai kebhinekaan, membangun karakter bangsa dengan bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Tentunya melalui momentum ini bisa menjadi pemantik agar anggota Pramuka lebih semangat, peduli, serta kebersamaan dan kekompakan yang semakin kuat.

Ini untuk membentuk agar menjadi karakter yang mampu bangkit dalam menghadapi kondisi sesulit apapun.

“Dengan karakter ini, Insya Allah para adik pramuka ini akan menjadi menjadi kader-kader penerus kami nantinya,” jelas Molen sapaan akrabnya.

Wali Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil berfoto bersama dengan anggota pramukan upacara Hari Pramuka ke-61 di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Sabtu (24/9/2022).
Wali Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil berfoto bersama dengan anggota pramukan upacara Hari Pramuka ke-61 di Alun-alun Taman Merdeka, Pangkalpinang, Sabtu (24/9/2022). (Dok/Kominfo Pangkalpinang)

Di sisi lain lanjut dia, pendidikan karakter perlu terus digalakkan karena ada sikap prihatin dari kebanyakan orangtua yang khawatir dengan perkembangan anak-anaknya.

Melalui kegiatan Pramuka ini diharapkan mampu membangun kecerdasan siswa pada ranah afeksi terutama sikap dan perilaku.

Sehingga siswa akan mampu mengembangkan karakternya secara positif.

Bahkan melalui kegiatan pramuka, ia optimis Kota Pangkalpinang bisa menjadi leading (Utama) dalam membentuk sumber daya manusia ber karakter melalui Pramuka.

“Dengan karakter seperti ini saya rasa PangkalPinang bisa segera leading,” ucapnya.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved