Breaking News:

Berita Bangka

Pemkab Bangka Tingkatkan Kualitas Juri MTQH Lewat Diklat

Karena itu dalam pelatihan ini dilakukan evaluasi, dengan narasumber yang benar-benar berkompeten di bidangnya masing-masing.

Penulis: edwardi | Editor: Tedja Pramana
Bangkapos.com/edwardi
Wakil Bupati Bangka, Syahbudin membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2022 di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Senin (26/9/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Wakil Bupati Bangka, Syahbudin mengatakan, pendidikan dan latihan (Diklat) Dewan Hakim atau Juri Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) merupakan salah satu langkah dan terobosan untuk meningkatkan kualitas para peserta dalam pelaksanaan MTQH baik di tingkat kecamatan dan kabupaten hingga tingkat yang lebih tinggi.

"Kegiatan ini juga untuk menyatukan persepsi dan teknik penjurian dalam memberikan penilaian, sehingga dewan hakim bisa mumpuni dan profesional serta bersikap adil, jujur, objektif dan bertanggungjawab," kata Syahbudin saat membuka kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran dan Hadist (MTQH) Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2022 di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Senin (26/9/2022).

Ditambahkannya, sebenarnya para peserta dari dewan hakim ini sudah profesional, akan tetapi mungkin ada yang lupa, ada informasi dan perkembangan terbaru tentang penjurian ini.

"Karena itu dalam pelatihan ini dilakukan evaluasi, dengan narasumber yang benar-benar berkompeten di bidangnya masing-masing," ujarnya.

Diharapkannya, dengan semakin profesional dan meningkatnya kemampuan dewan hakim, diyakini pelaksanaan MTQH di kecamatan-kecamatan dan Kabupaten Bangka akan semakin sportif dan bisa diandalkan.

"Kita harapkan ke depan akan hadir dan lahir generasi Kabupaten Bangka yang akan berprestasi, baik dari tingkat kecamatan, kabupaten hingga provinsi bahkan lebih luas lagi," harapnya.

Dilanjutkannya, saat berlangsungnya MTQH tidak ada kekeliruan lagi dalam pemilihan, sehingga tidak merugikan anak-anak atau para peserta.

Karena itu, Pemkab Bangka sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya dengan adanya penyelenggaraan kegiatan ini

Sementara itu Ketua Panitia Pelaksana, Zulfakar mengatakan Diklat Dewan Hakim MTQH ini diikuti 50 peserta yang berasal dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.

"Dilaksanakan selama tiga hari tanggal 26-28 September 2022, dengan narasumber dari Perguruan Tinggi Ilmu Al Qur'an MPTQ Jakarta dan Lembaga kaligrafi Al Quran Jakarta sebanyak tiga orang, yang merupakan dewan hakim/juri tingkat nasional," kata Zulfakar.

Diharapkan dengan kegiatan ini, para peserta memahami ilmu dan pemahaman yang baik untuk teknis pelaksanaan dan penjurian dalam MTQH.

"Dewan hakim siap dalam menghadapi even MTQH, dan menjadikan dewan hakim yang mumpuni serta profesional," ujarnya.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved