Breaking News:

Pemilu 2024

Pemilu Serentak 2024, Kursi di DPRD Babar Bakal Bertambah, Bawaslu Sebutkan Penyebabnya  

Pihak Badan Pengawas Pengawas Pemilihan Umum Kebupaten Bangka Barat, menyebutkan ada penambahan kursi di DPRD pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Penulis: Yuranda | Editor: Fery Laskari
istimewa
Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi. (Bangkapos.com/Yuranda) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Pihak Badan Pengawas Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kebupaten Bangka Barat (Babar), menyebutkan ada penambahan kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) pada Pemilu Serentak 2024 mendatang.

Penambahan kursi yang semula 25 menjadi 30 kursi itu, lantaran ada penambahan daftar pemilih tetap ( DPT) di Bangka Barat. Saat ini DPT Bangka Barat mencapai 206.168 jiwa. 

Ketua Bawaslu Babar, Rio Febri Fahlevi mengatakan, sekitar 206.168 jiwa berdasarkan data dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Bangka Barat 

"Kalau sesuai data tersebut Babar sudah menjadi 30 kursi. Secara aturan Kebupaten Kota yang jumlah penduduk diatas 200 ribu orang, sampai 300 ribu keterwakilannya di DPRD sampai 30 kursi," kata Rio Febri Fahlevi, Selasa (27/9/2022). 

Artinya, lanjut Rio, Bangka barat sudah mencapai 30 kursi. Namun, Bangka Barat masih terdiri atas tiga Dapil. Apakah nanti ada penambahan dapil di Bangka Barat pihaknya masih melihat seperti apa.

"Yang pasti kami tetap pantau. Kalau melihat DPT itu, di semua Dapil ada penambahan ada penambahan lima kursi dari jumlah sebelumnya 25 orang," kata dia.

Sementara itu, pihaknya masih menunggu sebaran dari Dapil itu sendiri. Hal itu guna mengetahui di mana Dapil paling banyak.

"Kalau data dari kependudukan disemua kecamatan ada penambahan kursi. Penambahan pemilih baru dan warga pindahan," ucapnya. ( Bangkapos.com/Yuranda)

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved