Breaking News:

Berita Bangka Barat

Satlantas Polres Bangka Barat Terbit Tiga SIM D, Difabel Menjadi Protitas Polisi

Terdapat golongan SIM khusus agar kemampuan bagi difabel dalam mengemudi dapat diakui, yakni SIM D dan D1.

Penulis: Yuranda | Editor: Tedja Pramana
Ist/Humas Polres Bangka Barat
Petugas Satlantas Polres Bangka Barat melayani pemohon SIM D, di Kantor Satpas Satlantas Polres Bangka Barat, Selasa (27/9/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Bangka Barat menerbitkan tiga buah Surat Izin Mengemudi (SIM) D di wilayahnya, Selasa (27/9/2022).

SIM D diperuntukkan bagi penyandang disabilitas yang hendak mengendarai sepeda motor. Sementara SIM DI ditujukan untuk pengemudi mobil.

Diketahui, setiap pengendara kendaraan bermotor wajib memiliki SIM. Dengan memiliki SIM maka menjadi bukti bila pengendara telah layak mengemudi di jalan umum.

Aturan ini juga berlaku bagi pengendara yang memiliki keterbatasan fisik atau penyandang disabilitas (difabel).

Terdapat golongan SIM khusus agar kemampuan bagi difabel dalam mengemudi dapat diakui, yakni SIM D dan D1.

Kepemilikan SIM setiap pengendara diatur dalam Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, pasal 242.

Kanit Regident Satlantas Polres Bangka Barat, Ipda Winda Widiastuti mengatakan pihaknya akan memberikan pelayanan khusus bagi pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) jenis D.

Di lokasi pemohon SIM D, telah disediakan jalur khusus. Para petugas akan melayani para pemohon disabilitas tanpa harus antre di Satpas Satlantas Polres Bangka Barat.

"Kami menyediakan kursi roda dan tempat parkir khusus. Untuk memberikan pelayanan bagi pemohon SIM D tidak harus antre seperti pemohon SIM lainnya. Diutamakan," ujar Winda Widiastuti, Selasa (27/9/2022).

Saat kini, kata Winda Widiastuti, di Kabupaten Bangka Barat sudah ada tiga SIM D yang diterbitkan. Jadi warga disabilitas bisa memiliki SIM D ketika memenuhi persyaratan ujian praktik dan teori

"Di Kabupaten Bangka Barat baru ada tiga Sim D yang terbitkan. Saat kunjungan Menteri Sosial, sudah kami terbitkan SIM D," ucapnya.

(Bangkapos.com/Yuranda)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved