Breaking News:

Senjata

Tak Kalah Canggih dengan Senjata Rusia, Inilah Senapan Serbu yang Digunakan Pasukan Khusus Ukraina

Malyuk tidak hanya digunakan anggota unit Pasukan Operasi Khusus, tetapi juga pasukan dari Garda Nasional Ukraina dan bahkan batalyon

Penulis: Iwan Satriawan CC | Editor: Iwan Satriawan
ST/AFP
ilustrasi Militer Ukraina 

BANGKAPOS.COM-Selain mendapatkan sokongan persenjataan dari negara-negara barat, militer Ukraina memiliki senjata buatan sendiri yang tak kalah canggih.

Negara tersebut memiliki senapan serbu buatan sendiri yang tak kalah canggih dengan senapan serbu buatan Rusia.

Salah satu senjata buatan Ukraina yang digunakan selama pertempuran di Ukraina adalah senapan serbu bullpup Vulcan [Vulkan] atau Malyuk.

Malyuk tidak hanya digunakan anggota unit Pasukan Operasi Khusus, tetapi juga pasukan dari Garda Nasional Ukraina dan bahkan batalyon Pasukan Pertahanan Teritorial.

Unit SSO (atau Pasukan Operasi Khusus) Ukraina yang terlihat menggunakan senapan ini termasuk unsur-unsur dari Pusat Operasi Khusus Maritim ke-73, Resimen Tujuan Khusus ke-3 dan ke-8 serta Unit Respons Operasi Cepat (KORD).

senapan serbu Malyuk Ukraina
senapan serbu Malyuk Ukraina (commons.wikimedia.org)

Elemen Garda Nasional Ukraina termasuk Batalyon Tujuan Khusus ke-2 dan Detasemen Operasi Khusus Azov di Mariupol juga terlihat dilengkapi dengan senapan ini.

Dilansir dari laman armourersbench.com, senapan serbu ini tersedia dalam ukuran 7.62x39mm dan 5.45x39mm, senjata ini dibuat berdasarkan aksi AKM atau AK-74.

Paling sering terlihat di tangan pasukan khusus Ukraina, senapan itu tampaknya merupakan adaptasi yang dirancang dengan baik dari platform AK yang telah terbukti.

Diadaptasi dari AK-74

Militer Ukraina dengan senapan serbu Mayluk
Militer Ukraina dengan senapan serbu Mayluk (bulgarianmilitary.com)

Pengembangan senjata dilaporkan dimulai pada 2005, menyusul upaya Badan Antariksa Negara Ukraina untuk mengadaptasi AK-74 menjadi bullpup.

Proyek ini dimulai pada awal 2000-an dan dikenal sebagai Vepr, jangan bingung dengan senapan dan senapan Rusia yang diproduksi oleh Molot-Oruzhie , dan menghasilkan konversi non-ambidextrous yang cukup mendasar, terkenal karena AR-15/M16-nya.

Desain dan pengembangan Vulcan dilakukan oleh perusahaan bernama InterProInvest (IPI).

IPI memasarkan senjata dengan nama Vulcan (Malyuk), seperti halnya perusahaan ekspor negara Ukraina SpetsTechnoExport.

Julukan senjata 'Malyuk' diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris sebagai 'bayi' atau 'si kecil'.

Halaman
1234
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved