Breaking News:

Kepolisian

Polantas Dilengkapi dengan Seragam dan Peralatan Canggih, Inilah Fungsi dan Tujuannya

bodycam yang berada di pakaian dinas polantas nantinya akan digunakan personel saat melaksanakan tugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan

Penulis: Iwan Satriawan CC | Editor: Iwan Satriawan
Dokumentasi Polda Metro Jaya
Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya kembali menyediakan alat komunikasi berteknologi tinggi bagi anggota yang bertugas di lapangan. Kamera portabel itu biasa disebut body camera. 

BANGKAPOS.COM-Polisi lalu lintas ( Polantas) akan mendapat pakaian dinas baru yang dilengkapi peralatan canggih.

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memperbarui pakaian dinas lapangan (PDL) sebagai upaya penyesuaian seragam dan membantu masyarakat sekaligus melindungi petugas yang berada di lapangan,

Kabag Penum Divisi HUmas Polri Kombes Pol Nurul Azizah mengatakan, pakaian dinas polisi lalu lintas (polantas) rencananya akan dilengkapi dengan body camera atau bodycam.

“Untuk penggunaan seragam lalu lintas yang rencananya akan ada bodycam, teknis saya belum terinformasi sudah digunakan atau belum dan lain-lain,” ujar Nurul saat dihubungi, Selasa (27/9/2022) seperti dikutip dari laman humas.polri.go.id.

Dilanjutkannya, bodycam yang berada di pakaian dinas polantas nantinya akan digunakan personel saat melaksanakan tugas di Unit Pengaturan, Penjagaan, Pengawalan dan Patroli (Unit Turjawali).

Bodycam tersebut juga nantinya akan terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

“(Bodycam) Akan terintegrasi dengan ETLE atau dalam penindakan pelanggar lalu lintas sehingga mengurangi petugas kontak langsung dengan pelanggar yang rawan menimbulkan perdebatan atau peluang penyimpangan lainnya,” sebutnya.

Sementara itu, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi menuturkan, Seragam PDL dirancang minimalis untuk memudahkan polisi lalu lintas bergerak nyaman dan sigap dalam mobilitas penanganan kecelakaan di jalan raya.

Sebelumnya, Korlantas mengganti warna strip merah menjadi putih pada mobil operasional Polantas.

Warna putih menyala dipilih Korlantas, mobil petugas bisa terlihat dari jarak cukup jauh.

“Misalnya, ada hambatan di jalan yang mengharuskan Polantas mengambil keputusan mengubah arus lalu lintas, warna putih memiliki arti sebagai petunjuk atau perintah yang bisa diikuti masyarakat.
Dengan warna yang lebih menyala, pada cuaca buruk atau malam pun bisa memudahkan masyarakat,” katanya.

Fitur GPS, live streaming, dan emergency botton

Kasie STNK Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Arif Fazlurrahman menjelaskan, body camera ini memiliki sejumlah fitur berteknologi tinggi yang berguna untuk menunjang kegiatan anggota saat menjalankan tugas.

Fitur pertama adalah tombol emergency buttom (tombol darurat). Tombol tersebut berfungsi untuk menginformasikan kondisi darurat yang dialami anggota PJR saat bertugas.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved