Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Pasien Covid-19 di Bangka Selatan Paling Banyak di Kecamatan Toboali

Menurut dia, pasien yang terinfeksi Covid-19 masih ditemukan ada yang belum melaksanakan vaksinasi dosis satu hingga dosis tiga.

Penulis: Adi Saputra | Editor: Novita
Bangkapos.com/Adi Saputra
Kabid P2P Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan, Slamet Wahidin. 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Dari delapan kecamatan di Kabupaten Bangka Selatan, Kecamatan Toboali merupakan kecamatan terbanyak pasien Covid-19 hingga akhir September 2022, yakni 10 pasien.

Sedangkan satu pasien lainnya berada di Kecamatan Simpang Rimba. Sedangkan pada enam kecamatan lain di Bangka Selatan, pasien covid-19 nihil dan tidak ada yang meninggal dunia.

Pasien yang terinfeksi Covid-19 tersebut menjalani karantina di rumah sakit dan isolasi mandiri.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana (DKPPKB) Bangka Selatan, Agus Pranawa, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Slamet Wahidin, mengatakan, pasien Covid-19 masih ada.

"Data terakhir sampai hari ini, ada 11 orang pasien yang terinfeksi Covid-19, yang berada di dua Kecamatan, yaitu Toboali dan Simpang Rimba," kata Slamet kepada Bangkapos.com, Jumat (30/9/2022).

Menurut dia, pasien yang terinfeksi Covid-19 masih ditemukan ada yang belum melaksanakan vaksinasi dosis satu hingga dosis tiga.

"Saat kita cek, ada pasien yang sedang menjalani karantina di rumah sakit, malahan belum sama sekali suntik vaksin," ujarnya.

"Pasien yang dinyatakan positif Covid-19 telah melalui tahapan dengan dites swab antigen, ternyata memang positif Covid-19. Sehingga kami sarankan untuk karantina di rumah sakit maupun isoman di rumah," jelas Slamet.

Selain vaksinasi untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19, dia juga mengajak masyarakat untuk menjaga kesehatan diri masing-masing.

"Sekarang kan kita sudah bebas, kadang tidak mematuhi protokol kesehatan, terutama tidak memakai masker lagi. Nah dari sanalah bisa terinfeksi Covid-19. Apalagi kita kadang berkumpul dengan orang banyak, yang dapat menyebabkan penyebaran Covid-19," bebernya.

Dia mengimbau seluruh masyarakat agar tetap mematuhi prokes. Jika badan tidak fit, segera minum obat dan istirahat.

"Yo kita jaga kesehatan bersama-sama, tetap patuhi prokes yang sudah ada. Terutama memakai masker di tempat tertentu, tetap jaga jarak untuk menghindari penyebaran Covid-19," ucap Slamet. ( Bangkapos.com/Adi Saputra)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved