Breaking News:

Kecelakaan Laut di Bangka Belitung

Kapal Tenggelam Hantam Karang, Pemancing Behasil Diselamatkan  

Sebuah kapal nelayan pancing yang sedang dalam perjalanan dari Perairan Belitung menuju Sungaliat Kabupaten Bangka mengalami kebocoran dan tenggelam

Penulis: deddy_marjaya | Editor: Fery Laskari
istimewa
Personel KP 2009 dan KP1005 Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung saat menuju lokasi kapal tenggelam di Perairan Karang Timur, Minggu (2/10/2022). (IST/Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung)  

BANGKAPOS.COM , BANGKA -- Sebuah kapal nelayan pancing yang sedang dalam perjalanan dari Perairan Belitung menuju Sungaliat Kabupaten Bangka mengalami kebocoran dan tenggelam di Perairan Karang Timur, Minggu (2/10/2022).

Para pemancing atas nama Herdin berhasil dievakuasi oleh nelayan asal Pasirpadi  Pangkalpinang. Kapal yang mati mesin mengalami kebocoran setelah menghatam karang dan tenggelam pada kordinat  01-49-794 S 106-14-227T.

"Kita dapat informasi kemudian meluncur dari Pos Sandar Sungaliat menuju TKP (tempat kejadian perkara -red). Saat di sana dua kapal nelayan sedang mengevakuasi kapal yang tenggelam. Sedangkan pemancing atas nama Herdin berhasil diselamatkan oleh nelayan yang melintas," kata Bripka Heri Irawan, Kapten KP 2009 Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Minggu (2/10/2022).

Berdasarkan keterangan Herdin kepada petugas, saat itu ia bertolak menggunakan kapal seorang diri dari Pulau Belitung, Kamis (29/9/2022) tujuan Sungaliat Kabupaten Bangka.

Dalam perjalanan Herdin mengaku sambil melakukan penangkapan ikan. Namun pada Jumat (30/9/2022) malam sekitar Pukul 22.00 WIB mesin kapal bermasalah dan mati sehingga terbawa arus.

Setelah terombang ambing Herdin diselamatkan oleh Nelayan Pasirpadi Pangkalpinang yang melintas dan dibawa ke Pelabuhan nelayan Pasirpadi, Minggu (2/10/2022).

Kejadian tersebut kemudian dilaporkan ke Ditpolairud Polda Kepulauan Bangka Belitung. Anggota Bhabinkamtibmas perairan setempat kemudian membawa korban ke Puskesmas untuk diperiksa kesehatannya. Setelah dipastikan dalam keadaan sehat, Herdin kemudian diserahkan kepada keluarga.

Sementara itu personel Kapal Patroli KP 2009 dan KP 1005 bergerak dari Pos Sandar Ditpolairud di Jelitik menuju titik lokasi kapal mengalami musibah guna pertolongan. Saat tiba di lokasi ada dua kapal nelayan yang melakukan evakuasi kapal yang tenggelam. Sedangkan korban bernama Herdin sudah diselamatkan kapal nelayan Pangkalpinang.

Selanjutnya kapal ditarik menuju Pelabuhan Jelitik Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka. "Kapal sudah berhasil ditarik sekira Pukul 18.00 WIB tadi kapal sudah berada di Muara Airkantung. Namun karena air surut kapal baru bisa ditarik masuk ke Pelabuhan Jelitik besok pagi pada saat air pasang," kata Bripka Heri Irawan. ( Bangkapos.com/Deddy Marjaya)

 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved