Breaking News:

Berita Bangka Belitung

Senin Besok Mulai Operasi Zebra di Bangka Belitung, Catat 14 Pelangaran ini serta Denda Dikenakan

Operasi Zebra 2022, tidak hanya dilakukan secara elektronik atau ETLE. Tindakan tersebut juga bisa dilakukan secara manual dengan diskresi

Penulis: M Zulkodri CC | Editor: M Zulkodri
bangkapos.com/Cepi Marlianto
Operasi Zebra Digelar mulai besok Senin 3 Oktober 2022 hingga 16 Oktober 2022 

BANGKAPOS.COM---Mulai besok, Senin (3/10/2022) hingga minggu (16/10/2022) akan digelar operasi Zebra secara serentak di seluruh Indonesia tidak terkecuali di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Babel Kombes (Pol) Juang Andi Priyanto melalui Kabag Bin Ops AKBP Deddy Dwitya Putra, mengatakan, untuk Operasi Zebra Menumbing bakal dimulai Senin (3/10/2022) hingga 14 hari kedepan.

"Mulainya dari tanggal 3 Oktober-16 Oktober 2022 kita tandai dengan gelar pasukan di Polda Bangka Belitung Senin besok," kata Deddy kepada Bangkapos.com, Minggu (2/9/2022).

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Juang Andi Priyanto, menegaskan, jajaranya terus berupaya untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas di Bangka Belitung.

Ia ingin, menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas, jumlah fasilitas korban laka lantas serta menciptakan situasi lalu lintas yang aman, tertib dan lancar pada lokasi rawan kecelakaan.

"Pelaksaan Operasi ini dapat berjalan lancar, tertib dan masyarakat banyak yang patuh. Sehingga pihak kepolisian tidak harus melakukan penilangan dan peneguran walaupun hal itu menjadi tugas pokok kepolisian," kata Juang.

Pelanggaran yang bakal ditindak, kata Juang, seperti melawan arus, bermotor lebih dari dua orang, termasuk muatan motor yang berlebih, anak di bawah umur mengendarai motor.

"Tidak memiliki SIM, tidak menggunakan helm standar dan kelengkapan lainya kemudian pelanggaran lain yang menimbulkan kecelakaan fatal, itu kita tindak," lanjutnya.

Selain itu, pemantauan melalui sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) bakal terus dilakukan, agar masyarakat dapat tertib dan mematuhi setiap aturan berlalu lintas.

Lebih jauh, ia mengatakan pelaksanaan tilang elektronik ETLE yang terpasang di empat titik di Kota Pangkalpinang, telah berjalan baik.

Menurutnya, pengendara yang melanggar di Babel masuk dalam kategori patuh dalam menjalani aturan dengan sanksi yang diberikan.

"Sejauh ini bagus dengan pelanggaran ETLE, mereka langsung dibayar tidak berlarut larut. Tidak sampai dicabut registrasinya kami merasa mudah, tidak ada kendala selama ETLE yang berada disejumlah titik," kata Juang.

Diketahui, empat titik yang telah dipasangi kamera pengawas ETLE di Kota Pangkalpinang yaitu di Simpang Empat Air Itam.

Simpang Empat Semabung, Simpang Empat Ramayana dan di Simpang Tiga Transmart Pangkalpinang.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved