Breaking News:

Berita Kriminalitas

Julius Pakai Jaket dan Helm saat Beraksi Curi Kotak Amal Masjid di Kota Pangkalpinang

Sebelumnya, pencurian kotak amal yang dilakukan Julius sudah diketahui pengurus Masjid Al-A'laa sejak aksi pertamanya pada Jumat (12/8/2022) lalu.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Novita
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevi
Masjid Al-A'laa di Jalan Stania, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Selasa (4/10/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Berniat mengelabui dan melancarkan aksinya, Julius (32) memakai jaket dan helm saat menggasak kotak amal di Masjid Al-A'laa di Jalan Stania, Kecamatan Gerunggang, Kota Pangkalpinang.

Hal itu diungkapkan Ketua Masjid Al-A'laa, Suharno (67), saat dikonfirmasi Bangkapos.com, mengenai pelaku Julius yang sudah empat kali mendatangi Masjid Al-A'laa.

Seperti diberitakan sebelumnya, Tim Buser Naga Satreskrim Polres Pangkalpinang berhasil membekuk Julius (32), pelaku pencurian kotak amal yang beraksi di beberapa masjid di Kota Pangkalpinang, pada Senin (3/10/2022) sekitar pukul 22.30 WIB.

"Untuk aksinya hingga ketiga kalinya, pelaku ini menggunakan jaket yang ada penutup kepalanya. Sedangkan untuk aksinya yang keempat, pelaku ini masuk ke dalam masjid menggunakan helm," beber Suharno, Selasa (4/10/2022).

Sebelumnya, aksi pencurian kotak amal yang dilakukan Julius sudah diketahui pengurus Masjid Al-A'laa sejak aksi pertamanya pada Jumat (12/8/2022) lalu.

Namun Suharno pun tak menyangka aksi nekat Julius dilakukannya di dua malam secara beruntun, dengan merusak kotak amal menggunakan obeng.

"Saat dibuka, uangnya itu sepertinya hanya hari Jumat itu saja, lalu sore harinya gembok diganti yang baru. Malam harinya dijebol lagi, jadi dua malam berturut-turut. Kemudian kita buka sudah kosong, lalu kita ganti lagi gemboknya," jelasnya.

Pihak pengurus Masjid Al-A'laa pun, langsung melaporkan kondisi tersebut kepada pihak Polres Pangkalpinang.

Setelah pelaporan ke polisi, pelaku justru kembali datang ke Masjid Al-A'laa. Namun pihak pengurus masjid yang belum mengetahui identitas pelaku, tak langsung melakukan penangkapan.

"Ketiga kalinya ada pelaku itu datang, kondisinya pintu masjid sudah dibuka marbot. Saat itu pelaku ini terkejut ada marbot di dalam masjid. Marbot juga kaget ada pelaku ini tiba-tiba langsung masuk ke dalam," tuturya.

"Saat ditanya marbot, pelaku ini mengaku dikejar orang. Lalu pelaku ini keluar dan nyalain motor, terus langsung kabur pelaku ini. Tapi motor itu nomor polisinya kelihatan di CCTV," tambahnya.

Terakhir, sebelum ditangkap pada Senin (3/10/2022) kemarin, Julius sempat beraksi padasekitar pukul 09.00 WIB.

"Untuk yang keempat itu ada dua minggu yang lalu, dia jebol kotak amal lagi. Kalau total (uang) sekitar Rp3 jutaan lah. Saya pun sangat menyayangkan kejadian ini, apalagi ini kan duit jemaah," beber Suharno.

Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Tim Buser Naga Satreskrim Polres Pangkalpinang, yang telah berhasil menangkap pelaku pencurian kotak amal.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved