Breaking News:

Berita Sungailiat

Saka Bakti Husada Ikut Sukseskan Perkemahan Antar Satuan Karya Tingkat Nasional di Bangka Belitung

Keikutsertaan Saka Bakti Husada dalam Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu mulai 4 Oktober -6 Oktober 2022

Penulis: Akhmad Rifqi Ramadhani | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani
Subcamp Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Soekarno Bangka Belitung berlangsung sukses. Upacara penutupan berlangsung di Pantai Tikus Emas, Kamis (8/10/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Keikutsertaan Saka Bakti Husada dalam kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari itu mulai 4 Oktober - 6 Oktober 2022 ditutup melalui upacara yang diikuti 80 anggota pramuka di Pantai Tikus Emas, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada Kamis (6/10/2022) sore.

Anggota Majelis Pembimbing Saka Bakti Husada Tingkat Nasional, Kodrat Pramudho mengungkapkan kegiatan ini dalam rangka menyampaikan atau tukar informasi terkait keikusertaan peran saka masing-masing baik itu Saka Bakti Husada yang bergerak di bidang kesehatan maupun peran saka lainnya.

"Pada pelaksanaanya kegiatan ini diikuti oleh 11 satuan karya dari 31 Provinsi se Indonesia sehingga anggota pramuka , baik itu penegak maupun pendega mereka bisa sama-sama belajar apa yang tidak didapatkan dari provinsinya masing-masing," kata Kodrat kepada Bangkapos.com Kamis (6/10/2022)

Menurutnya, pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh peserta dapat, diabdikan kepada masyarakat.

"Ini sekaligus wahana pertemuan Saka Bakti Husada masing provinsi yang mana perkembangannya berbeda-beda. Sehingga ini wadah belajar diharapkan nanti untuk menyamakan keterampilan nantinya bisa sama dengan yang lain," ucapnya.

Subcamp Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Soekarno Bangka Belitung berlangsung sukses. Upacara penutupan berlangsung di Pantai Tikus Emas, Kamis (8/10/2022).
Subcamp Perkemahan Antar Satuan Karya (Peran Saka) Tingkat Nasional di Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Soekarno Bangka Belitung berlangsung sukses. Upacara penutupan berlangsung di Pantai Tikus Emas, Kamis (8/10/2022). (Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani)

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Andri Nurtito selaku Majelis Pembina Saka Bakti Husada menjelaskan pada kegiatan ini para anggota diberikan pembekalan dan kegiatan yang menambah kompetensi pramuka khususnya berupa pengetahuan pemberdayaan masyarakat di sektor kesehatan.

Misalnya saja kemampuan membuat obat-obatan yang sederhana, menanam tanaman obat, kegiatan penyuluhan kepada masyarakat dan pengetahuan terkait kesehatan keluarga lainnya termasuk ibu dan anak.

"Dalam perkemahan antarsaka ini ada yang namanya sub camp. Sub camp itu diadakan oleh dinas kesehatan untuk pramuka yang memiliki spesialisasi Saka Bakti Husada. Mereka kita bekal terus terkait bidang kesehatan," jelas Andri.

Melalui kegiatan subcamp ini, Andri berharap adanya peningkatan kapasitas anggota pramuka di bidang pengetahuan kesehatan, sehingga para anggota pramuka dapat membawa ilmu yang bermanfaat di sektor kesehatan yang nantinya dibawa ke daerah masing-masing.

Selanjutnya, keikutsertaan peran Saka Bakti Husada dilanjutkan dengan maincamp di Bumi Perkemahan Depati Amir, Balunijuk, Kabupaten Bangka. 

(Bangkapos.com/Akhmad Rifqi Ramadhani)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved