Breaking News:

Bisa Saja Harga Pertalite Turun Tapi Ada Syaratnya, Inilah Daftar Harga BBM Terbaru Oktober 2022

Bisa Saja Harga Pertalite Turun Tapi Ada Syaratnya, Inilah Daftar Harga BBM Terbaru Oktober 2022

Editor: Dedy Qurniawan
Ist
BBM bersubsidi, penyaluran Solar dan Pertalite - Harga Pertalite Turun Tapi Ada Syaratnya, Inilah Daftar Harga BBM Terbaru Oktober 2022 

BANGKAPOS.COM - Penurunan harga BBM Pertamax per 1 Oktober 2022 kemarin tak diikuti dengan penurunan Pertalite.

Kementerian ESDM menyatakan ada kemungkinan harga Pertalite turun'> Pertalite turun atau diturunkan asal ketentuannya terpenuhi.

Syarat atau ketentuan itu terkait dengan harga keekonomiannya.

Seperti diektahui, PT Pertamina mengumumkan penurunan harga jual produk BBM non subsidinya yakni Pertamax dan Pertamax Turbo.

Per 1 Oktober 2022, Pertamax (RON 92) menjadi Rp 13.900 dari yang sebelumnya Rp 14.500 per liter dan Pertamax Turbo (RON 98) menjadi Rp 14.950 dari Rp 15.900 per liter.

Namun, Pertamina tidak menurunkan harga BBM jenis Pertalite.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) Tutuka Ariadji menyatakan Pertalite merupakan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP) yang harganya ditentukan oleh pemerintah. 

 “Saat ini Pertalite disubsidi dan harganya di bawah harga keekonomiannya, masih jauh,” jelasnya saat ditemui di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa (4/10). 

Asal tahu saja, harga BBM non subsidi mengikuti tren harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

Sedangkan harga BBM Subsidi mengacu pada asumsi Indonesia Crude Price (ICP) yang telah ditetapkan dalam APBN. 

Sebelumnya asumsi ICP di APBN 2022 telah ditetapkan sebesar US$ 63 per barrel yang belakangan direvisi menjadi US$ 100 per barel mengikut kenaikan harga minyak dunia. 

Maka itu pada awal September 2022 pemerintah melakukan penyesuaian harga Pertalite dari yang sebelumnya Rp 7.650 per liter menjadi Rp 10.000 per liter. 

Berdasarkan riset Kontan, jika membandingkan dengan SPBU lain misalnya saja BP-AKR, bensin dengan kandungan RON 90 yakni BP 90 dibanderol seharga Rp 14.050 per liter.

Artinya jika dibandingkan dengan harga Pertalite masih ada selisih sekitar Rp 4.050 per liter. 

Halaman
12
Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved