Breaking News:

Berita Sungailiat

Bupati Bangka Panen Perdana Ayam Ulu, 6 Minggu Capai Berat 1 Kg Lebih

Bupati Bangka Mulkan melakukan panen perdana Ayam Ulu milik Kelompok Budidaya Ayam Terang Sejahtera Dusun 7 Cungfo Jumat (07/10/2022).

Penulis: edwardi | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Edwardi
Bupati Bangka Mulkan melakukan panen perdana Ayam Ulu milik Kelompok Budidaya Ayam Terang Sejahtera Dusun 7 Cungfo Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, Jumat (07/10/2022) sore. 

BANGKAPOs.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan melakukan panen perdana Ayam Ulu milik Kelompok Budidaya Ayam Terang Sejahtera Dusun 7 Cungfo, Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Jumat (07/10/2022) sore.

Pada kegiatan ini Bupati Bangka Mulkan juga memberikan bantuan paket beras kepada warga kurang mampu, setelah itu melakukan panen Ayam Ulu (sejenis ayam kampung unggul).

Dari hasil panen ini didapatkan hasil seberat 297 kg dibeli pedagang pengepul dari Kota Pangkalpinang seharga Rp42.500 per kg didapatkan hasil Rp12,6 juta lebih.

Baca juga: Kasus Rudapaksa Dua Anak Dibawah Umur, Ayah dan Kakek Tiri Terancam 15 Tahun Penjara

Baca juga: Terungkap Baru Pacaran Sebulan, Kini Alumni Liga Dangdut Steven Jordan Harus Mendekam di Sel Tahanan

Kepala Desa (Kades) Bukit Layang Surono mengatakan modal kegiatan ternak ayam Ulu oleh kelompok budidaya ayam Terang Sejahtera ini berasal dari dana desa untuk alokasi 20 persen bagi ketahanan pangan.

"Salah satunya digunakan untuk ternak ayam Ulu ini, tahun 2022 ini baru kita mulai dengan jumlah bibit 1.000 ekor, dengan masa panen 6 minggu atau 1,5 bulan sudah mencapai berat 1 kg lebih," jels Surono.

Menurutnya, untuk hasil panen ayam Ulu ini sudah ada pedagang pengepul ayam dari Pangkalpinang yang menampungnya.

"Hasil ujicoba ternak 1.000 ekor jumlah ayam yang mati ada 17 ekor, untuk bibit ayam beli dari toko peternakan di Sungailiat, saat ini memang belum ada kendala yang dihadapi," ujarnya.

Bupati Bangka Mulkan melakukan panen perdana Ayam Ulu milik Kelompok Budidaya Ayam Terang Sejahtera Dusun 7 Cungfo Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, Jumat (07/10/2022) sore.
Bupati Bangka Mulkan melakukan panen perdana Ayam Ulu milik Kelompok Budidaya Ayam Terang Sejahtera Dusun 7 Cungfo Desa Bukit Layang Kecamatan Bakam Kabupaten Bangka, Jumat (07/10/2022) sore. (Bangkapos.com/Edwardi)

Sementara itu Camat Bakam, Aswan mengatakan untuk kondisi geografis Desa Bukit Layang, khususnya Dusun Cungfo saat ini banyak lahan kritis bekas penambangan timah.

"Untuk mengembangkan pertanian di sini sangat sulit mencari lahan yang produktif, sehingga ide  pak kades berinisiatif ternak ayam, jenis Ayam Ulu ini," kata Aswan.

Menurutnya dari usaha ternak ayam ini ada manfaatnya juga, di mana kotoran ayam bisa dijadikan bahan pupuk untuk menyuburkan kembali lahan di daerah ini.

"Semoga nanti daerah ini menjadi subur kembali dan ke depan budidaya ayam ini semakin banyak dan berkembang sebagai alternatif usaha bagi masyarakat," harap Aswan.

Baca juga: Sempat Berpura-Pura Stres, Hasil Pemeriksaan Kejiwaan Jamal Mirdad Ternyata Normal

Baca juga: Berkeliaran di Kebun, Buaya 3 Meter Ditangkap Bhabinkamtimas bersama Warga Desa Cengkong Abang

Sedangkan Bupati Bangka Mulkan mengatakan selaku kepala daerah sangat mendukung dan menyambut baik adanya kegiatan ternak ayam di Desa Bukit Layang ini.

"Ternak ayam ini sebagai salah satu alternatif pilihan untuk usaha masyarakat, di mana selama ini kita masih banyak tergantung dari usaha pertambangan timah namun tambang ini tidak bisa diperbaharui, karena itu mulai saat ini kita juga mempersiapkan alternatif usaha lainnya, apalagi harga timah saat ini juga murah," kata Mulkan.

Mulkan juga menyarankan agar masyarakat juga melakukan usaha budidaya ikan air tawar, karena memiliki potensi lahan budidaya ikan yang cukup luas dari lahan bekas pertambangan.

"Kepada para kepala desa, aparat desa dan juga pelaku usaha atau perusahaan yang ada bisa melakukan pembinaan dengan memberikan bantuan dana CSR kepada masyarakat untuk memulai usaha budidaya, sehingga perekonomian masyarakat tetap berkembang," harap Mulkan.

(Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved