Breaking News:

Berita Bangka Selatan

Lima Jam Diguyur Hujan Tiga Rumah Terendam Air, Akses Jembatan Dua Desa Tak Bisa Dilewati

Hujan deras melanda sejumlah wilayah di Bangka Belitung (Babel), Kamis (6/10/2022) kemarin, termasuk di Desa Ranggas, Kecamatan Airgegas Basel

Penulis: Adi Saputra | Editor: Fery Laskari
istimewa
Kondisi rumah warga Dusun Dua RT 05 Desa Ranggas, Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan akibat dilanda banjir, Jumat (7/10/2022). (Ist/Kades) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Hujan deras melanda sejumlah wilayah di Bangka Belitung (Babel), Kamis (6/10/2022) kemarin, termasuk di Desa Ranggas, Kecamatan Airgegas Bangka Selatan (Basel).

Akibat hujan deras yang melanda daerah tersebut terjadi sekitar Pukul 11.00 hingga 15.30 WIB dan mengakibatkan rumah warga terkena banjir serta salah satu jembatan penghubung dua desa rusak di Dusun dua RT 05.

Seperti dikatakan Kepala Desa Ranggas, Salam kepada Bangkapos.com kejadias banjir sering terjadi, namun paling parah baru kali ini.

"Sering terjadi bang tapi baru kali ini yang benar-benar parah, ada tiga rumah yang kena banjir akibat hujan deras kurang lebih lima jam," kata Salam, Jumat (7/10/2022).

"Bantuan belum ada dari pemerintah daerah, tapi kami pemerintah Desa telah menyalurkan bantuan bagi warga yang kena banjir," tambahnya.

Selain menghantam rumah warga, banjir yang terjadi juga menghantam jembatan yang mengubungkan dua desa. "Lihat saja jembatannya hampir roboh, nah itulah kami kalau bisa mohon bantuannya. Siapa tahu pihak Dinas PUPR Bangka Selatan, bisa bantu biar jalan Lingkar Desa dapat di lewati lagi oleh masyarakat Ranggas khususnya," ujar Salam.

Ia menyebutkan bila tidak ada pembangunan dari pemerintah daerah, pihak desa tidak mampu untuk membangun jembatan tersebut.

"Kalau kami dari pihak pemerintah Desa sendiri tidak mampu pak, apalagi mau bangun jembatan. Jadi harapan kami adanya bantuan dari pemerintah daerah khususnya Bangka Selatan," sebutnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan warga yang rumahnya terkena banjir, belum dapat pulang kerumah karena kondisi rumah masih digenangi air.

"Mereka langsung mengungsi ke rumah kerabat ataupun rumah orang tuanya, tapi akibat banjir ini tidak menimbulkan korban jiwa namun kerugian materil," katanya.

Kepada Pemerintah Daerah Bangka Selatan, ia berharap adanya bantuan terhadap masyarakat ataupun pemerintah Desa khususnya jembatan.

"Ya kami minta segera lah pemerintah memperbaiki jembatan kami yang rusak akibat banjir, terutama jembatan tersebut sebagai akses jalan masyarakat," harapnya.

Sementara Pemerintah Desa Ranggas terus berupaya untuk membantu masyarakat, terutama yang mendapatkan musibah.

Sedangkan untuk air yang menggenangi rumah warga tersebut, sudah mulai surut terutama hujan mulai reda pada sore hingga malam hari. ( Bangkapos.com/Adi Saputra)

 

 


 
 
 
 
 

 
 
 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved