Breaking News:

Berita Sungailiat

Maulid Nabi Muhammad SAW, Masyarakat Tanjungratu Rayakan Lebaran Hari Minggu

Perayaan  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dusun Tanjungratu, masyarakat setempat menggelar Lebaran Maulid pada hari, Minggu

Penulis: edwardi | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Masjid Jamik Al Barkah Tanjungratu yang akan diresmikan bersamaan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dusun Tanjungratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat. (Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Peringatan Maulid (Kelahiran)  Nabi Muhammad SAW setiap tahun dilaksanakan secara meriah di berbagai tempat, kampung, masjid dan lainnya di wilayah Kabupaten Bangka dengan berbagai tradisi, seperti nganggung bersama di masjid, cukuran massal dan silahturahmi ke rumah-rumah masyarakat seperti halnya suasana lebaran.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 H/2022 M diperingati pada hari, Sabtu (8/10/2022) besok.Yang sudah lama dikenal seperti perayaan Maulid di Desa Kemuja, Desa Zed dan desa-desa lainnya.

Juga ada di perkotaan Kecamatan Sungailiat, seperti Sinar Baru dan Dusun Tanjungratu Desa Rebo.  

Namun untuk Perayaan  Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dusun Tanjungratu Desa Rebo Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka, masyarakat setempat menggelar Lebaran Maulid pada Hari Minggu 9 Oktober 2022.

Ketua Panitia Pelaksana Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW Dusun Tanjungratu, Romansyah mengatakan kebanyakan kampung-kampung lain di Kabupaten Bangka melaksanakan Lebaran Maulid pada Hari Sabtu, 8 Oktober 2022 besok. Namun khusus untuk masyarakat Dusun Tanjungratu melaksanakan Lebaran Maulid pada Hari Minggu, 9 Oktober 2022.

"Kita informasikan hal ini supaya masyarakat luas mengetahui dan tidak salah, jadi untuk Lebaran Maulid di Dusun Tanjungratu pada Hari Minggu, 9 Oktober 2022, silahkan masyarakat datang ke Dusun Tanjungratu untuk saling bersilaturahmi," kata Romansyah, Jumat (07/10/2022). 

Ditambahkannya, kegiatan Lebaran Maulid ini diselenggarakan masyarakat Tanjungratu sekaligus untuk meresmikan masjid yang baru selesai dibangun, Masjid Jamik Al Barkah Tanjungratu. "Kami mengajak masyarakat se Pulau Bangka untuk bersilaturahmi ke Dusun Tanjung Ratu," harapnya.

Sementara itu Ketua Masjid Jamik Al Barkah Tanjungratu, Ustaz Tamri mengatakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Dusun Tanjungratu  sudah yang ke-27 tahun.

"Kegiatan ini dilakukan untuk lebih meneladani akhlak Rosulullah Muhammad SAW dan lebih meningkatkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW, juga sebagai ajang mempererat tali silaturahmi sesama umat beragama," ujarnya.

Sedangkan Kadus Tanjungratu, Sudiryanto menambahkan kegiatan ini sangat baik untuk menjaga kerukunan umat beragama dan antar umat beragama di Kabupaten Bangka.

"Mari kita jaga persatuan dan kesatuan babfsa, serta kerukunan antara masyarakat, baik dalam bidang agama maupun bidang sosial lainnya," katanya. ( Bangkapos.com/Edwardi)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved