Breaking News:

Berita Sungailiat

Sebelas Orang Siswa Lulusan SMA di Kabupaten Bangka Dapat Beasiswa SDM Sawit    

11 orang siswa lulusan SMA di Kabupaten Bangka mendapatkan Beasiswa SDM Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2022 dari Ditjen Perkebunan Kementerian Pertania

Penulis: edwardi | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Syarli Nopriansyah, Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka saat sambutan pembukaan kegiatan sosialisasi program peremajaan kebun kelapa sawit rakyat (PSR) Kabupaten Bangka 2022 di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (11/10/2022).(Bangkapos.com/Edwardi) 

BANGKAPOS.COM, BANGKA  -- Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka, Syarli Nopriansyah mengatakan pada Tahun 2022 ini sebanyak sebelas orang siswa lulusan SMA di Kabupaten Bangka mendapatkan Beasiswa SDM Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2022 dari Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS).

"Alhamdulillah tahun ini ada sebelas orang siswa lulusan SMA dari Kabupaten Bangka lolos seleksi beasiswa ini, sedangkan tahun 2021 lalu hanya ada 4 orang," kata Syarli Nopriansyah usai pembukaan kegiatan sosialisasi program peremajaan kebun kelapa sawit rakyat (PSR) Kabupaten Bangka 2022 di Hotel Tanjung Pesona Sungailiat, Selasa (11/10/2022).

Diakuinya, jumlah 11 mahasiswa yang lolos program beasiswa ini merupakan yang terbanyak dibandingkan kabupaten lainnya yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah saat ada Program Beasiswa ini saya baru menjabat sebagai kepala dinas dan intens majukan komunikasi dengan Kementerian Pertanian dan juga banyak melakukan sosialisasi mengenai program ini dan ikut mendampingi para penyuluh untuk melakukan sosialisasi beasiswa ini dan Alhamdulillah tahun ini ada 11 orang yang lolos," ujarnya.

Diharapkannya, tahun 2023 mendatang bisa lebih banyak lagi warga Kabupaten Bangka bisa mendapatkan program beasiswa ini.

Diketahui sebelumnya Ditjen Perkebunan Kementerian Pertanian RI bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit(BPDPKS) membuka kesempatan bagi lulusan SMA/SMK sederajat untuk mengikuti Seleksi Nasional Beasiswa SDM Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2022.

Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka Syarli Nopriansyah melalui Kabid Perkebunan, Subhan mengatakan informasi mengenai program beasiswa SDM perkebunan kelapa sawit ini sudah disebarkan pihaknya melalui media sosial.

"Untuk jumlah kuota mahasiswa yang diterima seluruh Indonesia ada 1.000 orang, sedangkan untuk kabupaten/kota atau provinsi itu tidak ada kuota, bila peserta dinyatakan lulus tes bisa mengikuti kegiatan perkuliahan dengan biaya beasiswadari program ini," kata Subhan, Senin (20/06/2022) di kantornya.

Diungkapkannya pada tahun 2021 terdata ada 4 mahasiswa asal Kabupaten Bangka yang berhasil diterima melalui program beasiswa ini untuk pendidikan vokasi D1 di Yogyakarta dan Riau.

"Dengan jenjang pendidikan vokasi  D1, D2, D3 dan D4 serta akademik S1. Untuk persyaratan dan jalur pendaftaran dapat diakses secara online melalui
 http:// beasiswasdmsawit.id," ujar Subhan.

Ditambahkannya, untuk  waktu pendaftaran dibuka 15 Juni sampai dengan 19 Juli 2022. Dan waktu finalisasi pendaftaran mulai 15 Juni sampai dengan 22 Juli 2022.

"Bagi para peserta asal Kabupaten Bangka yang kesulitan jaringan internet saat mengikuti tes nanti, maka kami siap  membantu menyiapkan tempat tes dan jaringan internet di Kantor Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Bangka," kata Subhan. 

Dilanjutkannya, para peserta yang berhasil lulus tes berhak mendapatkan fasilitas beasiswa SDM Kelapa Sawit, yakni transportasi PP ke/dari kampus, biaya pendidikan, biaya asrama/kamar kost, uang saku dan uang buku, magang di perkebunan besar, dan sertifikat kompetensi.

Diakuinya, kesempatan ini dibuka Ditjen Perkebunan bersama BPDPKS kepada pekebun kelapa sawit, keluarga pekebun, pekerja perkebunan kelapa sawit, keluarga pekerja perkebunan kelapa sawit, ASN/PPPK yang bertugas dalam bidang perkelapasawitan, pengurus/anggota koperasi  atau organisasi  yang bergerak dalam bidang perkelapasawitan.

"Jangan lewatkan kesempatan berharga ini dalam rangka untuk meningkatkan SDM perkebunan kelapa sawit di Indonesia," ujarnya.( Bangkapos.com/Edwardi)

 

 


 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved