Breaking News:

Jangan Salah Pilih, Ini Jenis Ikan Paling Bergizi Bagus Buat si Buah Hati, Khasiatnya Begitu Dahsyat

Laut Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis ikan dapat ditemui di perairan nusantara ini. Jenis ikan tertentu

Penulis: Fery Laskari CC | Editor: Fery Laskari
Kontributor TribunAmbon.com/Helmy
Ikan Tuna dari Ambon 

BANGKAPOS.COM -- Laut Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, termasuk berbagai jenis ikan dapat ditemui di perairan nusantara ini. Jenis ika-ikan tertentu menjadi favorit untuk dikonsumsi dan memliki kandungan gizi yang begitu dasyat. Berikut jenis ikan yang dimaksud, simak penjelasannya.

Berdasarkan data yang dirilis Pihak Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan Kementerian Kelautan dan Perikanan beberapa waktu lalu, tercatat ada beberapa jenis ikan yang paling tinggi dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

Beberapa jenis ikan favorit itu di antaranya, ikan laut tuna, cakalang dan tongkol. "Kalau ditanya, masyarakat kita paling banyak konsumsi ikan apa? Kami survei, dengan BPS. Preferensi konsumen paling banyak konsumsi tuna, cakalang, tongkol," kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (Dirjen PDSPKP), Nilanto Perbowo, Jumat (30/12/2016) silam di Gedung Mina Bahari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta.

Ikan jenis tuna, tongkol dan cakalang kataya, menjadi ikan konsumsi cukup tinggi, persentase 16,45 persen. "Selain itu, kelompok ikan jenis lele, patin dan gabus 7,92 persen, ikan kembung 6,65 persen, bandeng 5,43 persen, mujair atau nila 5,26 persen, udang dan cumi 3,87 persen, ikan teri 3,36 persen, ikan asin 2 persen dan ikan kembung asin 1,36 persen," ujarnya.

Saat ini kata Nilanto, pemerintah sedang membidik potensi konsumsi ikan dari kelompok olahan ikan dan makanan jadi. Alasannya, tingkat konsumsi ikan pada wilayah Jawa dan sekitarnya masih rendah dari rata-rata nasional yaitu 20 sampai 31,4 kilogram per kapita. "Di Jawa karena akses terbatas dan di kota besar tidak sempat makan ikan segar, paling abonnya (abon ikan) saja," jelasnya ketika itu.

Ke depan, pihaknya akan mendorong pelaku usaha yang berlokasi di daerah yang masih kurang konsumsi ikannya, agar berinvestasi. "Sekarang kami dorong kelompok utama yang punya pengaruh besar ke masyarakat, untuk kita sentuh sarana pengangkutan, pengolahan dan lain-lainnya di hulu," tegasnya.

Sementara itu dikutip pada laman https://primaindisoft.com, https://dinkes.banjarkota.go.id  disebutkan, ada lima jenis ikan bergizi tinggi : Jenis ikan yang dimaksud adalah:

1. Salmon

Ikan Salmon menjadi jenis ikan bergizi tinggi yang cocok dikonsumsi oleh buah hati anda. Menurut sejumlah penelitian, 100 gram ikan salmon mampu mengandung omega 3 hingga 2,018 mg. Omega 3 sendiri merupakan satu di antara sejumlah nutrisi penting bagi otak. Adapun nutrisi lain yang terkandung dalam ikan salmon adalah protein, kalsium, vitamin B12, dan kalium.

 2. Tuna

Ikan Tuna merupakan jenis ikan laut yang dipercaya memiliki gizi tinggi. Faktanya, dalam 100 gram ikan tuna mengandung protein sekitar 24-30 gram. Kandungan protein pada tuna ini pun dapat menjaga jaringan tubuh anak agar berfungsi dengan baik. Nutrisi lain yang terkandung dalam ikan tuna adalah selenium. Selenium berperan sebagai antioksidan sekaligus melindungi sel darah merah dari radikal bebas.

 3. Ikan Sarden

Ikan Sarden lebih dikenal sebagai ikan kaleng bercita rasa lezat. Tak hanya nikmat disantap, sarden ternyata merupakan ikan bergizi tinggi yang baik untuk kesehatan anak. 100 gram ikan sarden mampu mengandung sekitar 25 g protein dan 505 g natrium yang berfungsi menjaga kesehatan jantung. Ikan sarden juga menjadi sumber kalsium yang mampu mengurangi risiko osteoporosis pada anak.

 4. Ikan Bandeng

Ikan banyak duri ini ternyata juga kaya nutrisi. Menurut ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor, Prof Ahmad Sulaeman, menjelaskan bahwa dalam 100 gram bandeng memiliki kandungan protein sekitar 17,1 gram. Bandeng juga mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk meningkatkan kercerdasan otak.

 5. Ikan Kembung

Ikan bergizi tinggi lainnya yang direkomendasikan untuk si kecil adalah ikan kembung. Menurut ahli gizi FKM UI, Dr Ir Diah M Utari, MKes, ikan kembung memiliki protein dan omega 3 lebih tinggi dibanding ikan salmon. Selain itu, ikan kembung juga mengandung vitamin D, fosfor, dan vitamin B12.

Sebagian artikel ini telah tayang di Tribun-Medan.com dengan judul Terbukti, Tiga Jenis Ikan Laut Ini Paling Favorit!, https://medan. tribunnews.com/2016/12/30/terbukti-tiga-jenis-ikan-laut-ini-paling-favorit.

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved