Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kapolri Larang Tilang Manual di Jalan, Ditlantas Polda Bangka Belitung Beberkan Kendalanya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstrusikan jajaran kepolisian tidak melakukan dan menggelar operasi penindakan tilang secara manual.

Penulis: Riki Pratama | Editor: nurhayati
Bangkapos.com/Riki Pratama
Kabag Bin Ops AKBP Deddy Dwitya Putra. 

BANGKAPOS. COM, BANGKA -- Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menginstruksikan jajaran kepolisian tidak melakukan dan menggelar operasi penindakan tilang secara manual di jalan secara langsung.

Instruksi tersebut tertuang dalam surat telegram Nomor ST/2264/X/HUM.3.4.5./2022, tanggal 18 Oktober 2022. Apabila terdapat pelanggar lalu lintas hanya akan diberi edukasi oleh petugas setempat.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Bangka Belitung Kombes (Pol) Juang Andi Priyanto melalui Kabag Bin Ops AKBP Deddy Dwitya Putra, mengatakan, polisi di daerah akan melakukan kebijakan kapolri tersebut. Tetapi khusus di Bangka Belitung mereka bakal melakukan diskresi.

"Pada intinya kita tetap melaksanakan perintah dan petunjuk kapolri terkait penilangan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE). Tetapi khusus di Babel, kamera ETLE sudah ada khusus di kota Pangkalpinang. Namun untuk di polres dan wilayah lain belum menggunakan kamera ETLE," kata Kabag Bin Ops AKBP Deddy Dwitya Putra, kepada Bangkapos.com, Selasa (25/10/2022).

"Maka dari itu disini kami mengambil diskresi kepolisian tetap melakukan penilangan pada kendaraan yang potensi laka. Atau pengendara melanggar hukum secara kasat mata, contoh  tidak pakai helm depan petugas, bonceng tiga, knalpot racing dan sebagainya," lanjutnya.

Deddy, menegaskan pihaknya tidak mau, membiarkan begitu saja pelanggaran terjadi tetapi tidak dilakukan penindakan oleh pihak kepolisian.

"Jangan sampai nanti menjadi polemik, kenapa ada pembiaran ke masyarakat yang tidak menggunakan helm, bonceng tiga ataupun menggunakan knalpot racing. Kita tetap melaksanakan penilangan secara manual, tetapi lebih selekstif prioritas," tegasnya.

Namun,kedepan kata Deddy Polda Bangka Belitung bakal terus menambah kamera ETLE dan ETLE Mobile di setiap daerah, sehingga dapat secara maksimal menerapkan tilang secara elektronik.

"Kedepan mudah-mudahan nanti mengusulkan seluruh polres. Untuk kita usahan bisa menerapkan ETLE, kalaupun tidak kamera ETLE  coba fasilitasi dengan ETLE Mobile handphone seperti kota besar di Jawa sifatnya sekaligus hunting tetapi dengan menggunakan kamera," ungkapnya.

Menurutnya, Ditlantas Polda Bangka Belitung bakal secara berlahan-lahan melakukan sosialisasi, terkait dengan penerapan ETLE mobile nantinya.

"Kita akan terapkan ETLE mobile, sehingga tidak bersentuhan langsung dengan masyarakat atau pelanggar," lanjutnya.

Dia menegaskan, dengan kendala ketersedian kamera ETLE dan ETLE Mobile sudah diketahui Korlantas Polri, sehingga secara bertahap Ditlantas Polda Bangka Belitung melakukan pengajuan terhadap fasilitas tersebut.

"Kalau kendala secara umum tahu, tentu kita berharap apabila ada penambahan kamera ETLE mobile nantinya," harapnya.

Lebih jauh, berkaitan dengan sanksi terhadap petugas yang menjalankan tilang manual.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved