Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Hobi Sepak Bola hingga Memiliki Background Karate, Ade Lestari Siap Jadi Wasit Wanita

Untuk mewujudkan niatnya, kini Ade Lestari mengikuti pelatihan wasit sepak bola lisensi C3 yang digelar oleh Dispora Kota Pangkalpinang.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Novita
Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy
Wasit wanita Ade Lestari (kanan) saat mengikuti pelatihan wasit sepak bola lisensi C3 yang diselenggarakan Dispora Kota Pangkalpinang, Rabu (26/10/2022). 

BANGKAPOS.COM, BANGKA - Berawal dari hobi olahraga dan kecintaannya terhadap sepak bola, Ade Lestari (25) tak segan dan percaya diri terjun dalam dunia sepak bola dengan menjadi wasit atau pengadil lapangan hijau.

Untuk mewujudkan niatnya, kini Ade Lestari mengikuti pelatihan wasit sepak bola lisensi C3 yang digelar oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pangkalpinang.

"Karena suka sepak bola dan memang dari kecil, juga sudah punya background karate, jadi memang suka olahraga," tutur Ade Lestari, Rabu (26/10/2022).

Masih minimnya wasit wanita di Provinsi Bangka Belitung, membuat Ade yang juga merupakan seorang guru olahraga di SMPN 1 Belinyu ini pun, kian tergerak untuk dapat berpartisipasi memajukan sepak bola.

"Untuk menjadi wasit ini, memang kemauan diri sendiri karena wasit wanita masih jarang. Di sini juga banyak materi yang didapatkan untuk persiapan jadi wasit nantinya. Biasanya di luar lapangan terus, sekarang bisa tahu di lapangan seperti apa," ucapnya.

Dengan keyakinan dan tekad yang kuat, Ade menyebut dirinya tak akan gentar saat memimpin jalannya pertandingan hingga tekanan dari para pemain dan penonton.

"Tentunya fisik dan mental harus siap, untuk menjadi seorang wasit. Semoga jejak saya menjadi wasit, bisa diikuti wanita-wanita lainnya," tuturnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum Asprov PSSI Bangka Belitung, Nur Arohim, mengatakanm, dengan adanya pelatihan yang digelar Dispora Kota Pangkalpinang dapat meregenerasi wasit lokal.

"Kita dari Asprov memang mencari kader-kader wasit, karena di kita sudah tua, bahkan rata-rata 40 tahun ke atas. Jadi memang untuk meningkatkan SDM di Bangka Belitung," kata Arohim.

Ke depannya, para wasit yang lulus lisensi C3 akan langsung diikutsertakan dalam beberapa turnamen sepak bola, di antaranya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di Kabupaten Bangka Barat nanti.

"Nantinya juga mereka akan kita ikut sertakan di penyegaran wasit. Lalu, akan kita siapkan kompetisi gala wanita dan nanti juga akan kita uji coba mereka di U-13. Ini dilakukan untuk menyiapkan mental mereka di kompetisi yang lebih tinggi lagi," jelasnya. ( Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved