Breaking News:

Paritrana Award 2022

UMKM Babel Terbaik Paritrana Award 2022, Wajah Jun Lian Langsung Berseri-seri  

Wajah Jun Lian berseri-seri saat nama Toko Roti Bun Delicius disebut sebagai UMKM terbaik, Paritrana Award 2022 BPJS Ketenagakerjaan. 

Penulis: Edi Yusmanto | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Head of HRDBun Delicius Jun Lian foto bersama Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Pangkalpinang Agus Theodorus Parulian Marpaung usai menerima penghargaan Paritrana Award 2022. 

BANGKAPOS.COM , JAKARTA - Wajah Jun Lian berseri-seri saat nama Toko Roti Bun Delicius disebut sebagai usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terbaik, Paritrana Award 2022 BPJS Ketenagakerjaan. 

Memakai batik merah marun, Head of HRD Bun Delicius maju dan menerima penghargaan yang diberikan Dewan Pengawas BPJS Ketenagakerjaan di Istana Wakil Presiden RI, Kamis (27/10/2022).

Paritrana Award adalah penghargaan kepada para stakeholder mulai dari pemerintah provinsi, kabupaten/kota, pelaku usaha hingga UMKM yang konsisten melindungi pekerjanya.

"Kaget juga sih dari 34 provinsi dan ratusan kabupaten/kota bahkan ribuan UMKM, kita yang terbaik," kata Lian kepada Bangka Pos usai penganugerahan. 

Jun Lian mewakili Pemilik Usaha Wong Hannes SW mengatakan, toko roti ini berdiri sejak 2013. Niatan membuka usaha ini karena tidak memerlukan modal besar dan produk yang dihasilkan disukai pasar. 

Produk Roti Bun Delicius dibuat sendiri sesuai adonan asli. Roti, donat dan cake adalah produk-produk unggulan di UMKM yang ada di Tanjungpandan Belitung ini. "Kita punya adonan sendiri untuk produksi," ujar Lian. 

Nama Bun  Delicius sendiri dimaknai sebagai roti. Hal sebenarnya tidak memiliki makna khusus karena lebih disesuaikan pada aplikasi tujuan wisata daerah. "Nama itu disesuaikan dengan tujuan wisata biar para pendatang lebih familiar," sebut Lian. 

Awal buka, Bun Delicius hanya digawangi beberapa pekerja. Kepedulian terhadap jaminan sosial pekerja sudah menjadi komitmen manajemen UMKM untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pekerja. 

Kini, pekerja Bun Delicius sudah berjumlah 18 orang. Dan hampir semuanya sudah didaftarkan pada program perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Mulai dari jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun, jaminan pemutusan hubungan kerja(PHK). 

Bahkan pekerja yang masih baru atau berstatus bukan penerima upah (BPU) mendapatkan fasilitas ini. "Pekerja trainning dapat (jaminan kecelakaan kerja dan kematian). Nanti kalau sudah selesai trainning baru dapat full jaminan BPJS Ketenagakerjaan," jelas Lian. 

Canangkan GN Lingkaran

Wakil Presiden RI Ma'aruf Amin resmi mencanangkan Gerakan Nasional Perlindungan Pekerja Rentan atau disebut GN Lingkaran. 

Menurut dia pentingnya para pekerja memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan untuk meningkatkan rasa aman saat bekerja.  Juga memberikan kepastian keberlangsungan kehidupan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. 

Selama ini jaminan sosial ketenagakerjaan masih identik bagi para pekerja formal. Sedangkan bagi pekerja informal belum tentu.

Halaman
1234
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved