Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kini Polres Pangkalpinang Luncurkan Nomor 0821 9821 8675, Layanan Cepat Aduan Masyarakat

Polres Pangkalpinang pun membagikan Nomor WhatsApp 082198218675 sebagai layanan aduan cepat kepada masyarakat Pangkalpinang.

Penulis: Rizki Irianda Pahlevy | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Kapolres Pangkalpinang, AKBP Dwi Budi Murtiono. (Bangkapos.com/Dok) 

BANGKAPOS.COM,BANGKA - Pasca meluncurkan nomor darurat 110, kini Polres Pangkalpinang pun membagikan Nomor WhatsApp 082198218675 sebagai layanan aduan cepat kepada masyarakat khususnya di Kota Pangkalpinang, Selasa (1/11/2022). 

Mulai laporan tindak pidana kriminalitas hingga adanya tindakan yang meresahkan, masyarakat secara bebas dapat menghubungi layanan 24 jam tersebut. 

Tak hanya Nomor WhatsApp, melalui media sosial instagram Kapolrespangkalpinang, dan email dumasrespangkalpinang @gmail.com pun masyarakat juga dapat menyampaikan aduannya. 

Kapolres Pangkalpinang AKBP Dwi Budi Murtiono mengatakan, pihaknya terus berupaya melayani masyarakat dengan respon cepat setiap laporan yang masuk ke Polres Pangkalpinang

"Kami membuat hotline untuk masyarakat yang ingin lapor jika ada informasi atau melihat, mengalami, menemukan kejadian terkait kejahatan yang terjadi atau dihadapi," ujar AKBP Dwi Budi Murtiono

Seiring disebarkannya nomor layanan, perwira melati dua ini berharap masyarakat tak segan untuk melaporkan tindak pidana atau informasi terkait kriminalitas yang terjadi. 

"Lapor untuk kami dapat segera melakukan penyelidikan, jangan ragu segera infokan ke kami. Jika masyarakat mengetahui adanya kejahatan jalanan seperti begal, gank motor atau tawuran bisa menghubungi nomor nomor-nomor itu," jelasnya. 

Sementara itu diberitakan sebelumnya, memanfaatkan teknologi informasi nomor darurat dapat digunakan setelah Divisi Teknologi Informasi (DIV TI) Mabes Polri, melakukan peluncuran layanan polisi 110.

Kasi Humas Polres Pangkalpinang AKP Agus Widodo seizin Kapolres Pangkalpinang AKBP Dwi Budi Murtiono mengatakan, tujuan nomor darurat 110 untuk meningkatkan pelayanan Polri kepada masyarakat serta mengimbangi perkembangan teknologi.

"Layanan 110 Polres Pangkalpinang, bisa dihubungi masyarakat selama 24 jam. Semoga dengan adanya layanan Polisi 110 ini masyarakat semakin mudah memberikan informasi, atau melaporkan adanya kejadian di lingkungannya," kata AKP Agus Widodo. 

Lebih lanjut terkait konsep layanan Polisi 110 merupakan konsep tentang command center, terdiri konsep pelayanan publik dan konsep manajemen teknologi informasi yang tertuang pada Peraturan Kapolri (Perkap) No. 20 Tahun 2014 tentang Layanan Polisi 110.

"Semua laporan atau aduan masyarakat akan ditampung dan akan langsung disalurkan, kepada fungsi kepolisian terkait atau diberitahukan ke polsek terdekat agar lebih cepat penanganannya," jelasnya. 

Untuk layanan Polisi 110, AKP Agus Widodo mengatakan, akan dijaga piket SPKT operator selama 24 jam dengan layanan bebas pulsa. 

"Jika operator Polres Pangkalpinang tidak mengangkat telepon 110 tersebut, secara otomatis sambungan telepon akan tersambung ke layanan Polisi 110 Mabes Polri. Saat itu juga operator Mabes Polri, akan menghubungi Kapolres Pangkalpinang," ucapnya. 

Melalui prosedur tersebut, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak menyalahgunakan panggilan darurat 110.

"Kami minta warga masyarakat dapat memanfaatkan layanan Polisi 110 ini dengan baik dan tidak untuk main-main, karena akan terpantau oleh Mabes Polri," ujarnya. ( Bangkapos.com/Rizky Irianda Pahlevy)


 
 
 
 
 
 

 

Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved