Breaking News:

Berita Pangkalpinang

Kabar Gembira ! Dana Beasiswa Rp741 Juta Dibagikan Buat Ribuan Siswa di Pangkalpinang

Anggaran beasiswa sebesar Rp741 juta dibagikan kepada 1.974 orang siswa, mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP)

Penulis: Cepi Marlianto | Editor: Fery Laskari
bangkapos.com
Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil ketika memberikan beasiswa PIP secara simbolis berupa buku tabungan kepada enam orang siswa SD dan SMP di Fox Harris Hotel Pangkalpinang, Senin (7/11/2022) sore. (Bangkapos.com/Cepi Marlianto) 

BANGKAPOS.COM , BANGKA –  Anggaran beasiswa sebesar Rp741 juta dibagikan kepada 1.974 orang siswa, mulai tingkat sekolah dasar (SD) hingga sekolah menengah pertama (SMP) sederajat baik negeri maupun swasta yang ada di Pangkalpinang

Penyerahan beasiswa tersebut dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil yang ditandai pemberian buku tabungan kepada enam orang siswa SD dan SMP di Fox Harris Hotel Pangkalpinang, Senin (7/11/2022) sore.

Maulan Aklil mengatakan, beasiswa tersebut merupakan Program Indonesia Pintar atau PIP melalui aspirasi Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani saat kunjungan ke Pangkalpinang beberapa waktu lalu, dan Anggota DPR RI Komisi I Daerah Pemilihan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rudianto Tjen.

“Alhamdulillah hari ini kita memberikan bantuan beasiswa PIP, melalui aspirasi ketua DPR RI dan anggota DPR RI,” kata dia kepada Bangkapos.com usai kegiatan.

Molen sapaan akrab Maulan Aklil menyebutkan, pihaknya memang tengah berupaya untuk menarik dana dari pemerintah pusat untuk dapat masuk ke Pangkalpinang. Satu di antaranya yakni melalui pemberian beasiswa kepada siswa kurang mampu yang ada di daerah ini.

Menurutnya, sebagai seorang kepala daerah hal ini sudah menjadi tanggung jawabnya. Terutama mengenai dunia pendidikan di Kota Pangkalpinang. Bagaimanapun caranya, politikus PDI-P ini ingin seluruh pelajar dapat mendapatkan pendidikan yang layak.

Pasalnya anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) yang terbatas, tidak dapat menanggulangi pemberian beasiswa kepada para pelajar kurang mampu. Dimana jumlahnya saat ini mencapai sekitar 7.000-an orang lebih yang juga harus menjadi skala prioritas.

“Oleh karena itu kita harus pintar-pintar kami mencari uang yang ada di luar sana masuk ke kota kita, salah satunya hari ini berkat bantuan dukungan dari kawan-kawan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Pak asisten, guru-guru,” terang Molen.

Di samping itu lanjut dia, program beasiswa PIP aspirasi dari ketua DPR-RI dan anggota ini Kota Pangkalpinang mendapatkan kuota terbanyak dari seluruh kabupaten/kota se-Kepulauan Bangka Belitung. Jumlahnya sendiri mencapai 1.974 orang pelajar.

Untuk memberikan beasiswa kepada sekitar 7.000-an pelajar lebih ini, pemerintah kota sendiri pada bulan Desember 2022 mendatang bakal memberikan beasiswa kepada para sekitar 600 pelajar yang belum pernah mendapatkan bantuan. Baik dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Pangkalpinang, maupun PIP dari pemerintah pusat. Ia yakin, apabila hal ini dikerjakan bersama-sama pasti akan selesai.

“Kalau kita gebuk rame-rame kita bisa menyelesaikan permasalahan-permasalahan, kekurangan anak-anak kita yang mungkin butuh bantuan ini bisa kita selesaikan,” sebutnya.

Oleh karena itu kata Molen, meminta para orangtua siswa untuk dapat menggunakan bantuan beasiswa tersebut untuk hal-hal yang memang dibutuhkan. Ia berharap dengan adanya beasiswa ini jangan dipandang bahwa ada nilai-nilai yang lain dari sisi yang berbeda. Dia meminta masyarakat yakin, sebab tujuan akhirnya untuk membantu siswa-siswi kita yang memang membutuhkan.

Selain itu pihaknya juga ingin memberikan beasiswa kepada jenjang yang lebih tinggi, yakni SMA/Sederajat hingga perguruan tinggi. Namun karena keterbatasan kebijakan dan regulasi yang harus dipatuhi, hal itu tidak dapat dilakukan.

“Semoga bantuan setelahnya akan datang ke Pangkalpinang. Kita berupaya bagaimana caranya mendapat bantuan apapun dari pusat itu masuk ke daerahku Kota Pangkalpinang,” pungkas Molen.

Halaman
12
Sumber: bangkapos.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved